Penggunaan Media Powerpoint dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Supriyadi Semarang

Authors

  • Lutfi Anwar Asrori
  • Mudzanatun
  • Aini Istikomah
  • Rodika Adi Lesmana

Keywords:

Hasil Belajar, PowerPoint, IPAS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media PowerPoint pada siswa kelas V E SD Supriyadi Semarang muatan pelajaran IPAS BAB I Melihat Karena Cahaya, Mendengar Karena Bunyi. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari prasiklus, siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah adalah siswa kelas V E SD Supriyadi Semarang dengan jumlah 28 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar observasi, tes, dokumentasi dan catatan lapangan. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata persentase hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya dengan menggunakan media PowerPoint. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan data yang diperoleh mulai dari prasiklus, siklus I, dan siklus II.

References

Azmi, Chairul dkk. (2022). Penggunaan Media Power Point Interaktif Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa di SD Negeri 19 Kuamang. Jurnal Pendidikan dan Konseling, Vol. 4, No. 6, 9000-9004.

Damayanti, Amelia Dwi dkk. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMP Muhammadiyah

Sawangan. Prosiding Samasta Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia, halaman 41-48.

Indriyani, Lemi. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kognitif Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, FKIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Vol. 2, No. 1, 2019.

Kunandar. (2013). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Mappeasse, Muh. Yusuf. (2009). Pengaruh Cara dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Program Mable Logic Controller (PLC) Siswa Kelas III Jurusan Listrik SMK Negeri 5 Makasar. Dalam Jurnal MEDTEK, Vol. 1, No. 2, Halaman 1-6.

Nurrita, Teni. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Dalam Jurnal Ilmu-ilmu Al-Qur’an, Hadist, Syari’ dan Tarbiyah, Vol. 3, No. 1, Halaman 171-187.

Putri, Hanny Pramitha dan Nurafni. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Power Point Interaktif terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 3 Nomor 6, 3538 - 3543.

Rahmayanti, Vina. (2016). Pengaruh Minat Belajar Siswa dan Persepsi atas Upaya Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP di Depok. Jurnal SAP Vol. 1 No. 2, halaman 206-216.

Risky, Novianna Miska dkk. (2022). Penggunaan Media Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas III SD Negeri Corongan. Jurnal Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, Vol. 8, Nomor 2, halaman 1331-1338.

Sanaky, Hujair A. H. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Suhernawati, Nanik dkk. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Power Point

Pada Mata Pelajaran IPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SMP Negeri 2 Ambulu. Journal of Education Technology & Innovation Vol. 3, No. 2, 40-50.

Wahyuningsih, Sustiana. (2022). Penerapan Media Interaktif Power Point untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VI Tema 8 SDN Prantaan Kabupaten Blora. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan, Vol. 7, No.1, 59-67.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Asrori, . L. A. ., Mudzanatun, Istikomah, A. ., & Lesmana, R. A. . (2023). Penggunaan Media Powerpoint dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Supriyadi Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2052–2061. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5348

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)