320. Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Pelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas 3 SDN 2 Purwosari

Authors

  • Mir’atus Sholikah
  • Mudzanatun
  • Yunita Setyowati

Keywords:

gambar, bahasa indonesia, membaca

Abstract

Pendidikan merupakan cita cita bangsa mencerdaskan generasi bangsa yang luhur dan berbudi pekerti yang tertuang pada pembukaan undang undang dasar republik indonesia tahun 1945. Pendidikan adalah upaya sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan mengajar agar peserta didik aktif mengembangkan potensi diri dan  ketrampilan kecerdasan yang dibutuhkan diri sendiri maupun bangsa dan negara (uu nomer 20 tahun 2003) Diperoleh data hasil pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas III SDN 2 Purwosari 8 siswa mencapai nilai 85 sedangkan 16 siswa lainya masih dibawah 60.berdasarkan hasil pembelajaran maka dilakukan penelitian yang bertujan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tema Praja Muda Karana menggunakan media gambar di kelas III  semester 2 SDN 2 Purwosari kecamatan Patebon kabupaten Kendal tahun Pelajaran 2022/2023. Pengumpulan data melalui tes tertulis berbentuk objektif dan observasi.dan melalui 4 tahapan perencanaan,pelaksanaan,observasi dan refleksi. Dengan mengunakan media gambar menunjukan peningkatan hasil belajar, hal ini dibuktikan dari siklus I dan siklus II yaitu siklus I diperoleh ketuntasan 58,3 % dan siklus II diperoleh ketuntasan 100 %. Dapat disimpulkan penelitian mengunakan media Gambar dapat meningkatkan keaktifan serta minat belajar siswa kelas III SD N 2 Purwosari kecamatan Patebon.

 

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Sholikah, M. ., Mudzanatun, & Setyowati, Y. . (2023). 320. Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Pelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas 3 SDN 2 Purwosari. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2852–2866. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4228

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)