35. Peningkatan Hasil Belajar Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Video Siswa Kelas 5 SDN 2 Purwosari

Authors

  • Nuke Maulida Bachtiar
  • Mudzanatun
  • Hanifah
  • Agung Prastia

Keywords:

Hasil belajar, Problem based learning, Video

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Tema 9 (Benda- Benda di Sekitrku) dengan menggunakan model pembelajaran Poblem Based Learning. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Tahapan pelaksanaan penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari setiap siklus. Pada tahap pra siklus diperoleh nilai rata-rata 61,63, Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 66,41, Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 75,21, pada siklus III diperoleh nilai rata-rata 78,04, Pada siklus ke IV diperoleh nilai 81,05, pada siklus ke V diperoleh nilai 83,02 dengan persentase ketuntasan 93,48%. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar mulai prasiklus sampai siklis ke V mengalami peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning.

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Bachtiar, N. M. ., Mudzanatun, Hanifah, & Prastia, A. . (2023). 35. Peningkatan Hasil Belajar Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Video Siswa Kelas 5 SDN 2 Purwosari. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 296–307. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/3911

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)