Peningkatan Partisipasi Siswa Melalui Media Interaktif IPAS Berbasis Project Based Learning di Sekolah Dasar

Authors

  • Farihah Inayatul Ulya
  • Mudzanatun
  • Aini Istikomah
  • Rima Nailul Farichah

Keywords:

partisipasi siswa, media interaktif, project based learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media interaktif IPAS berbasis project based learning meningkatkan partisipasi siswa. Penelitian ini diikuti oleh 27 siswa di kelas IV SD Supriyadi Semarang sebagai responden. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan mengacu model penelitian yang diangkat Kamis dan Mc. Taggart. Model penelitian tersebut  terdiri dari empat komponen, yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Peneliti menggunakan media interaktif IPAS berbasis project based learning dengan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil yang diperoleh partisipasi siswa antar siklus meningkat dapat dilihat dari skor pra-tindakan 42,68%, siklus I 71,34%, dan siklus II 84,20%.

References

Anggreni, Y. D., Festiyed, F., & Asrizal, A. (2019). Meta-analisis pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik SMA. Pillar Of Physics Education, 12(4).

Atma, K. E. (2020). Peningkatan Partisipasi Siswa Dalam Pembelajaran PPKN Melalui Penerapan Model Take and Give. Journal Civics and Social Studies, 4(1), 95-101.

Farhana, H., & Awiria, A. (2019). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Publisher.

INDONESIA, P. R. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Kumalasani, M. P. (2018). Kepraktisan penggunaan multimedia interaktif pada pembelajaran tematik kelas IV SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 1-11.

Lubis, M. A. (2020). Pembelajaran Tematik SD/MI. Prenada Media.

Melinda, V., & Zainil, M. (2020). Penerapan model project based learning untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa sekolah dasar (studi literatur). Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1526-1539.

Nurhasnah, N., Festiyed, F., Asrizal, A., & Desnita, D. (2022). Project-Based Learning in Science Education: A Meta-Analysis Study. Jurnal Pendidikan MIPA, 23(1), 198-206.

Nurani, Dwi, dkk. 2022. Serba-serbi Kurikulum Merdeka Kekhasan Sekolah Dasar. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/upload/filemanager/download/2022/v3%20Buku%20Saku%20Kurikulum%20Merdeka_compressed.pdf Oka, G. P. A. (2022). Media dan multimedia pembelajaran. Pascal Books.

Panjaitan, R. G. P., Titin, T., & Putri, N. N. (2020). Multimedia interaktif berbasis game edukasi sebagai media pembelajaran materi sistem pernapasan di Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 8(1), 141-151.

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174-7187.

Ramadianti, A. A. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 93-98.

Sahliyah, D. M. I., & Wijaya, B. R. (2022, August). Pengembangan Multimedia Interaktif Tema 9 Kayanya Negeriku Subtema 1 Kelas IV di SDN Unggulan Karanggeneng-Lamongan. In SEMINAR NASIONAL LPPM UMMAT (Vol. 1, pp. 494-503).

Sugiyono, D. (2015). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryaningsih, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Perbedaan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis IPA Siswa SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 40-48.

Suryanti, A., Putra, I. N. A. S., & Nurrahman, F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Energi Alternatif Berbasis Multimedia Interaktif. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(2), 147-156.

Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian tindakan kelas. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Widiyono, A. (2022). Efektifitas Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Dalam Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Journal of Professional Elementary Education (JPEE), 1(1), 56-64.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Ulya, F. I. ., Mudzanatun, Istikomah, A. ., & Farichah, R. N. . (2023). Peningkatan Partisipasi Siswa Melalui Media Interaktif IPAS Berbasis Project Based Learning di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1991–1998. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5341

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)