310. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik pada Peserta Didik Kelas V SD

Authors

  • Lenisa Wahyu Rositania
  • Widya Kusumaningsih
  • Daru Hesti Wihartasih

Keywords:

PBL, Pembelajaran Tematik, Hasil Belajar Tematik

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatan hasil belajar tematik melalui penggunaan model  PBL pada peserta didik kelas V SD 1 Peganjaran Kabupaten Kudus semester 2 tahun ajaran 2022/2023. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Variabel penelitian yaitu variabel bebas model PBL dan variabel terikatnya hasil belajar tematik peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan evaluasi, instrumen pengumpulan data dengan lembar observasi, tes tertulis dan pilihan ganda. Teknik analisis data kuantitatif (hasil belajar) dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar tematik peserta didik setelah diberikan tindakan PBL. Sebelum tindakan  sebanyak 6 peserta didik (33%) yang tuntas. setelah diberikan tindakan pada siklus I, terjadi peningkatan jumlah yang tuntas menjadi 10 peserta didik (56%) pada siklus II terjadi peningkatan jumlah yang tuntas menjadi 15 (83%). Penelitian ini dikatakan berhasil karena mencapai indikator kinerja yaitu  ≥ 80%  dari seluruh peserta didik dengan KKM ≥ 70.

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Rositania, L. W. ., Kusumaningsih, W. ., & Wihartasih, D. H. . (2023). 310. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik pada Peserta Didik Kelas V SD. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2769–2778. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4128

Issue

Section

Prosiding 2023