Peningkatan Kemampuan Literasi Dan Numerasi Peserta Didik Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Realistis Pada Pembelajaran Matematika Kelas 1B SD Negeri Tambakrejo 01 Semarang

Authors

  • eka sulistyowati Universitas PGRI Semarang
  • Qoriati Mushafanah universitas PGRI Semarang
  • Ida Dwijayanti universitas PGRI Semarang
  • Ika Susianingsih universitas PGRI Semarang

Keywords:

Problem Based Learning, Literasi dan Numerasi, Hasil Belajar

Abstract

Literasi numerasi merupakan kemampuan menggunakan angka, data, maupun simbol matematika, serta pengetahuan dan kecakapan dalam penarikan suatu keputusan yang berkaitan dengan masalah nyata di kehidupan sehari-hari. Kemampuan pemecahan masalah bukan hanya masalah dasar yang berkaitan dengan matematika saja, melainkan masalah dengan tingkat kompleks sekalipun dapat ditemukan solusinya jika setiap individu menguasai kemampuan literasi numerasi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model  Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari empat tahap dalam setiap siklus, yaitu: perencanaan (planning), tindakan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dipaparkan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dangan bantuan media pembelajaran realistis dapat meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan pada setiap siklus. Pada siklus I, rata- rata kemampuan literasi yang diperoleh yaitu 63,48%, meningkat menjadi 71,3 % pada siklus II, dan meningkat kembalipada siklus III  menjadi 75,23% dengan ketiganya masih dikategorikan tinggi. Sedangkan pada kemampuan numerasi juga terjadi peningkatan pada setiap siklus. Siklus I, rata-rata yang didapatkan yaitu 65,65% dengan kategori tinggi, siklus II diperoleh 75,22% dengan kategori sangat tinggi, dan siklus III memperoleh rata-rata 76,52%.

References

EOCD. (2024). Pisa 2022. In Perfiles Educativos (Vol. 46, Issue 183). https://doi.org/10.22201/iisue.24486167e.2024.183.6171

Nengsih, A. A., Agusdianita, N., & Oktariya, B. (2024). Analisis Kesulitan Guru Kelas dalam Menerapkan 5 Unsur KSE (Kompetensi Sosial Emosional) pada Saat Proses Pembelajaran di Kelas VI SDN 20 Kota Bengkulu. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 7(3), 273–282. https://doi.org/10.20961/shes.v7i3.91559

Riduwan. (2012). Dasar-dasar Statistika. Alfabeta.

Syamsinar. (2024). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)-4C. CV Ruang Tentor.

Vebrianto, R., Susanti, R., & Annisa. (2021). Pembelajaran yang Efektif di SD/MI. CV Dotplus Publisher.

. O. (2024). Pisa 2022. In Perfiles Educativos (Vol. 46, Issue 183). https://doi.org/10.22201/iisue.24486167e.2024.183.61714

Akhidah, D. N., Zuliana, E., Ermawati, D., & Kudus, U. M. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA DENGAN MODEL REALISTIC PENDAHULUAN Kegagalan dalam mata pelajaran matematika dapat disebabkan siswa tidak dapat memahami konsep matematika dengan baik . Kesalahpahaman konsep di tingkat sekolah dasar dapat menyebabkan kesala. 6(1), 244–259.

Hanaris, F. (2023). Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa: Strategi Dan Pendekatan Yang Efektif. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Psikologi, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.61397/jkpp.v1i1.9

Indonesia, R. P., & Isi, D. (2024). Kota Semarang Apa itu Rapor Pendidikan ? 1–25.

Maharani, S., Nusantara, T., As’ari, A. R., & Qohar, A. (2019). How the students computational thinking ability on algebraic? International Journal of Scientific and Technology Research, 8(9), 419–423.

Mai Sri Lena, Sahrun Nisa, Tiara Utari, & Hafsah Anas. (2023). Efektivitas Implementasi Ice Breaking untuk Meningkatkan Minat dan Semangat Belajar Siswa Sekolah Dasar. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 3(3), 240–248. https://doi.org/10.56910/pustaka.v3i3.627

Nengsih, A. A., Agusdianita, N., & Oktariya, B. (2024). Analisis Kesulitan Guru Kelas dalam Menerapkan 5 Unsur KSE (Kompetensi Sosial Emosional) pada Saat Proses Pembelajaran di Kelas VI SDN 20 Kota Bengkulu. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 7(3), 273–282. https://doi.org/10.20961/shes.v7i3.91559

Riduwan. (2012). Dasar-dasar Statistika. Alfabeta.

Sb, N. S., Irvan, M. F., Prasetyaningtyas, F. D., Mulyani, P. K., Nugrahani, A. G., Wulandari, E., & Kinasih, E. T. (2025). Peningkatan Kapasitas Guru SD dalam Menyusun Program Literasi Melalui Pendampingan Menulis Cerita Anak Pendahuluan. 6(1), 34–42.

Syamsinar. (2024). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)-4C. CV Ruang Tentor.

Vebrianto, R., Susanti, R., & Annisa. (2021). Pembelajaran yang Efektif di SD/MI. CV Dotplus Publisher.

Warsini. (2024). Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Sejarah. CV Ruang Tentor.

Downloads

Published

2025-06-27

How to Cite

sulistyowati, eka, Qoriati Mushafanah, Ida Dwijayanti, & Ika Susianingsih. (2025). Peningkatan Kemampuan Literasi Dan Numerasi Peserta Didik Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Realistis Pada Pembelajaran Matematika Kelas 1B SD Negeri Tambakrejo 01 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 250301096. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7018

Issue

Section

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.