PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI PERGAULAN BEBAS PESERTA DIDIK KELAS VIII D MELALUI MODEL PBL MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SMP NEGERI 37 SEMARANG.

Authors

  • Hafara Syntia Hafara Universitas PGRI Semarang
  • Fajar Ari Widiyatmoko Universitas PGRI Semarang
  • Sri Suneki Universitas PGRI Semarang
  • Suprapti Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Peningkatan hasil belajar, Pergaulan bebas, Problem based learning, diskusi, media gambar

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII D SMP Negeri 37 Semarang pada materi pergaulan bebas melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan diskusi berbantuan media gambar. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi, dan dokumentasi, sedangkan analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model PBL melalui diskusi kelompok dan media gambar mampu meningkatkan pemahaman siswa tentang dampak negatif pergaulan bebas serta mendorong partisipasi aktif dalam pembelajaran. Pada siklus I, ketuntasan belajar mencapai 54,54%, dan meningkat signifikan menjadi 87,87% pada siklus II. Nilai rata-rata kelas juga mengalami peningkatan dari 69,57 (siklus I) menjadi 81,21 (siklus II). Selain itu, siswa terlihat lebih mampu menghubungkan materi dengan kehidupan sehari-hari dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model PBL yang dipadukan dengan pendekatan diskusi dan media gambar efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pergaulan bebas. Implikasinya, model ini dapat dijadikan alternatif pembelajaran inovatif untuk materi serupa di tingkat SMP.

References

Pristiwanti Desi. (2022). Pengertian Pendidikan (Vol. 4). http://repo.iain-

Rondonuwu, D. J., Bokian, G. M., & Kasingku, J. D. (2024). Peran Keluarga Dalam Mengatasi Dampak Negatif Dari Pergaulan Bebas. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(3). https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.8497

Hotimah H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar.

Azizah A. (2017). PENTINGNYA PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU DALAM PEMBELAJARAN.

Sundari, N. (2016). PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH DASAR.

Syafruddin. (2017). Implementasi Metode Diskusi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. 1(1), 63–73.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Hafara, H. S., Fajar Ari Widiyatmoko, Sri Suneki, & Suprapti. (2025). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI PERGAULAN BEBAS PESERTA DIDIK KELAS VIII D MELALUI MODEL PBL MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SMP NEGERI 37 SEMARANG. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020254. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7052

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.