Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila melalui Model Problem Based Learning di Kelas I SDN Tambakrejo 01 Semarang

Authors

  • Kamila Hidayati Universitas PGRI Semarang
  • Mira Azizah Universitas PGRI Semarang
  • Arfilia Wijayanti Universitas PGRI Semarang
  • Ika Susianingsih SDN Tambakrejo 01

Keywords:

literasi, numerasi, problem based learning

Abstract

Kemampuan literasi dan numerasi merupakan kemampuan kunci yang harus dikuasai oleh peserta didik agar memperoleh ilmu pengetahuan yang lain. Namun hasil PISA menunjukkan bahwa literasi dan numerasi Indonesia masih tergolong rendah. Model pembelajaran Problem Based Learning dapat dijadikan solusi untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi membaca dan literasi numerasi peserta didik kelas I SDN Tambakrejo 01 pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dengan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilakukan sebanyak 3 siklus. Hasil penelitian peningkatan kemampuan literasi yaitu siklus I mendapatkan 70, 43%, siklus II rata-rata yang diperoleh 73%, dan siklus III menjadi 79,13%. Rata-rata tersebut dari siklus I hingga siklus III dapat dikategorikan tinggi. Sedangkan hasil penelitian peningkatan kemampuan numerasi yaitu Siklus I, rata-rata yang didapatkan yaitu 69,5% dengan kategori tinggi, siklus II diperoleh 82,6%  dengan kategori sangat tinggi, dan siklus III memperoleh rata-rata 84,7%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik kelas 1B  SDN Tambakrejo 01.

Author Biographies

Mira Azizah, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang

Arfilia Wijayanti, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Fitriah, L., Gaol, M. E. L., Cahyanti, N. R., Yamalia, N., Maharani, N., Iriani, I. T., & Surayanah, S. (2024). Pembelajaran Berbasis Pendekatan Culturally Responsive Teaching Di Sekolah Dasar. JoLLA Journal of Language Literature and Arts, 4(6), 643–650. https://doi.org/10.17977/um064v4i62024p643-650

Haliz, V. N., & Nanggala, A. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran pada Gerakan Literasi pada Anak Sekolah Dasar Kelas Rendah di SDN 258 Sukarela. Innovative: Journal Of Social Science …, 3, 3857–3868. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/769%0Ahttp://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/download/769/608

Indonesia, R. P., & Isi, D. (2024). Kota Semarang Apa itu Rapor Pendidikan ? 1–25.

Khoirunnisa, S., & Adirakasiwi, A. G. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Smp Pada Era Merdeka Belajar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(3), 925–936. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i3.17393

Masliah, L., Nirmala, S. D., & Sugilar, S. (2023). Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) terhadap Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4106

Navida, I., Rasiman, Prasetyowati, D., & Nuriafuri, R. (2023). Kemampuan Literasi Membaca Peserta Didik Pada Muatan Bahasa Indonesia Kelas 3 di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1034–1039. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4901

Nengsih, A. A., Agusdianita, N., & Oktariya, B. (2024). Analisis Kesulitan Guru Kelas dalam Menerapkan 5 Unsur KSE (Kompetensi Sosial Emosional) pada Saat Proses Pembelajaran di Kelas VI SDN 20 Kota Bengkulu. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 7(3), 273–282. https://doi.org/10.20961/shes.v7i3.91559

OECD. (2024). Pisa 2022. In Perfiles Educativos (Vol. 46, Issue 183). https://doi.org/10.22201/iisue.24486167e.2024.183.61714

Presiden Republik Indonesia. (2021). Peraturan Pemerintah Nomor 57 tahun 2021: Standar Nasional Pendidikan. Dokumen Pemerintah

Pusat Asesmen Pendidikan. (n.d.). Asesmen Kompetensi Minimum. Retrieved March 10, 2024, from https://pusmendik.kemdikbud.go.id/an/page/asesmen_kompetensi_minimum

Putri, S. R., & Ahmadi, F. (2023). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Literasi Digital, Minat Baca dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 7(3), 446–455. https://doi.org/10.23887/jear.v7i3.66997

Riduwan. (2012). Dasar-dasar Statistika. Alfabeta.

Rusmono, & Al Ghozali, M. I. (2019). Jurnal Teknologi Pendidikan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(3), 269–282.

Saputra, N., & Zanthy, L. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Syamsinar. (2024). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)-4C. CV Ruang Tentor.

Vebrianto, R., Susanti, R., & Annisa. (2021). Pembelajaran yang Efektif di SD/MI. CV Dotplus Publisher.

Warsini. (2024). Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Sejarah. CV Ruang Tentor.

Downloads

Published

2025-06-27

How to Cite

Hidayati, K., Azizah, M., Wijayanti, A., & Susianingsih, I. (2025). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila melalui Model Problem Based Learning di Kelas I SDN Tambakrejo 01 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 250301090. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7097

Issue

Section

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.