Peningkatan Hasil Belajar Materi Kaidah Kebahasaan Teks Biografi Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan Media Microsite S.Id Pada Kelas X-4 SMA Negeri 11 Semarang

Authors

  • Sri Puji Lestari Universitas PGRI Semarang
  • Mukhlis Universitas PGRI Semarang
  • Agus Wismanto Universitas PGRI Semarang
  • Nazla Maharani Umaya Universitas PGRI Semarang
  • Sri Handayani SMA Negeri 11 Semarang

Keywords:

Model Pembelajaran, Teks Biografi, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya variasi media pembelajaran yang menarik, sehingga peserta didik kurang tertarik mengikuti pelajaran Bahasa Indonesia, khususnya pada materi kaidah kebahasaan teks biografi. Hasil observasi menunjukkan bahwa penggunaan media yang kurang interaktif membuat hasil belajar menurun. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan media Microsite s.id berbasis model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada materi kaidah kebahasaan teks biografi. Penelitian dilaksanakan di kelas X-4 SMA Negeri 11 Semarang menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 34 peserta didik kelas X-4 pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Pada siklus I, sebanyak 18 peserta didik mencapai KKTP, sementara 16 belum mencapai KKTP. Pada siklus II, jumlah yang mencapai KKTP meningkat menjadi 29 peserta didik dan 5 peserta didik belum mencapai batas KKTP. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media Microsite s.id yang dipadukan dengan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi kaidah kebahasaan teks biografi.

References

Arikunto, Suharsimi. (2014). Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara.

Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Iis Siti Salamah Azzahra1, Yesi Maylani Kartiwi “Edukasi Microsite Interaktif S.ID Dalam Lembar Kerja Peserta Didik Bermuatan Profil Pelajar Pancasila Untuk Meningkatkan Minat Siswa Memproduksi Teks Biografi”2024.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas X. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nasution. (1994). Didaktik Azas-Azas Mengajar. Bandung: Jemars.

Prasetyo, B. D. (2018). Komunikasi Pemasaran Terpadu: Pendekatan tradisional hingga era media baru.

Rodenayana, E., Worowirastri Ekowati, D., Pudji Astutik, P., FKIP Universitas Muhammadyah Malang, P., & Purwantoro, S. (2023). MENINGKATKAN PRESTASI PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI MEDIA MICROSITE DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 703–711. https://doi.org/10.23969/JP.V8I1.7622

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tillah, Marda. (2019). “Kemampuan Menganalisis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X IPS1 di SMA Negeri 2 Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Pekanbaru: Universitas Islam Riau.

Wahyono, T. (2010). Membuat Sendiri Aplikasi Dengan Memanfaatkan Barcode. Elexmedia Komputindo.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Sri Puji Lestari, Mukhlis, Wismanto, A., Nazla Maharani Umaya, & Sri Handayani. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Materi Kaidah Kebahasaan Teks Biografi Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan Media Microsite S.Id Pada Kelas X-4 SMA Negeri 11 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 2503010134. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7363

Issue

Section

Pendidikan Bahasa Indonesia

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.