Implementasi Model Problem Based Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas X-3
Keywords:
Problem Based Learning, Keaktifan, Prestasi BelajarAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya keaktifan peserta didik karena pembelajaran belum menggunakan model yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan peserta didik melalui penerapan model problem based learning kelas X.3 pada semester genap 2023/2024. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X.3 SMA Negeri 2 Semarang dengan jumlah 36 peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian diperoleh adanya peningkatan rata-rata keaktifan peserta didik dari kondisi awal sebesar 64,87%. Setelah adanya tindakan pada siklus I menggunakan model problem based learning meningkat menjadi 69,55% dengan kriteria keberhasilan cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 77,45% dengan kriteria keberhasilan baik. Sementara itu juga terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik dari kondidi awal sebesar 69,16. Setelah adanya tindakan pada siklus I rata-ratanya meningkat menjadi 72,22 dan pada siklus II meningkat menjadi 83,61.
References
Arikunto. (2017). Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian Kualitatif, 3(17), 143. http://repository.unpas.ac.id/30547/5/BAB III.pdf
Arisandi, S. N. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Liveworksheets Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Pada Materi Konsep Mol. SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 2(3), 306–316. https://doi.org/10.51878/secondary.v2i3.1361
Astuti, A., & Leonard. (2015). Symmetry properties of short period (001) Si/Ge superlattices. Superlattices and Microstructures, 9(1), 31–33. https://doi.org/10.1016/0749-6036(91)90087-8
Budiningsih, A. (2010). Strategi Pembelajaran Yang Memerdekakan. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 8(2), 1–14.
Desnylasari, E., Mulyani, S., & Mulyani, B. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Problem Based Learning Pada Materi Termokimia Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 5(1), 134–142.
E, S. (2008). Model Belajar Dan Pembelajaran Berorientasi Kompetensi Siswa. Educare (Jurnal Pendidikan Dan Budaya), Vol 05-No(2), 1–35.
Farida Payon, F., Andrian, D., & Mardikarini, S. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas III SD. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(02), 53–60. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i02.397
Febriana, R., Yusri, R., & Delyana, H. (2020). (2020). Modul Geometri Ruang Berbasis PBL Terhadap Kreativitas Pemecahan Masalah. 9(1), 93–100.
Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Zuhriyah, F. A., & Suryanda, D. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar sebagai Wujud Pendidikan yang Memerdekakan Peserta Didik. Arus Jurnal Pendidikan, 2(3), 221–226. https://doi.org/10.57250/ajup.v2i3.112
Hariandi, A., & Cahyani, A. (2018). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Inkuiri Di Sekolah Dasar Ahmad Hariandi 1 , Ayu Cahyani 2 1, 2). Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 353–371.
Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v1i1.236
Inayah, Z., Buchori, A., & Pramasdyahsari, A. S. (2021). The Effectiviness Of Problem Based Learning (PBL) And Project Based Learning (PjBL) Assisted Kahoot Learning Models On Student Learning Outcomes. International Journal of Research in Education, 1(2), 129–137. https://doi.org/10.26877/ijre.v1i2.8630
Izza, A. Z., Falah, M., & Susilawati, S. (2020). Problematika Evaluasi Pembelajaran dalam Mencapai Tujuan Pendidikan di Masa Merdeka Belajar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2871–2880. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1954
Jacub, T. A., Marto, H., & Darwis, A. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Ips (Studi Penelitian Tindakan Kelas Di Smp Negeri 2 Tolitoli). Tolis Ilmiah; Jurnal Penelitian, 1(2), 124–129. https://ojs.umada.ac.id/index.php/Tolis_Ilmiah/article/view/126
Khoeron, I. R., Sumarna, N., & Permana, T. (2016). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Produktif. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2), 291. https://doi.org/10.17509/jmee.v1i2.3816
Lomu, L., & Widodo, S. A. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 0(0), 745–751.
Mariati, M. (2021). Tantangan Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Perguruan Tinggi. 747–758. https://doi.org/10.53695/SINTESA.V1I1.405
Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1717–1724. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/991
Purwanto, & Ngalim. (2019). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. PT Remaja Rosdakarya.
Putri, F. E., Amelia, F., & Gusmania, Y. (2019). Hubungan Antara Gaya Belajar dan Keaktifan Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 83. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v2i2.406
Rasam, F., Interdiana, A., Sari, C., Program, D., Pendidikan, S., Universitas, E., Pgri, I., Tujuan, A., Menengah, S., Jakarta, K., & Kunci, K. (2018). Peran Kreativitas guru dalam penggunaan media belajar. Research and Development Journal Of Education, 5(1), 95–113.
Sa’adah, S. (2015). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKn Melalui Penerapan Metode Kerja Kelompok di Kelas V SDN Pisangan 03. FITK: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 2(1), 67.
Setyorini, U., Sukiswo, S. E., & Subali, B. (2011). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(1), 52–56. https://doi.org/10.15294/jpfi.v7i1.1070
Sidabutar, M., Budiningsih, C. A., & Suyantiningsih. (2022). Jurnal EPISTEMA. Jurnal EPISTEMA, 2(1), 83–88.
Slameto. (2015). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. PT Rineka Cipta.
Sofyan, H., & Komariah, K. (2016). Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di Smk. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(3), 260. https://doi.org/10.21831/jpv.v6i3.11275
Sudijono, & Anas. (2007). Pengantar Statistik Pendidikan. Rajawali Pers.
Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. In Rosdikarya.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatf, dan RnD. Alfabeta.
Widiati, Sridana, N., Kurniati, N., & Amrullah, A. (2022). Pengaruh Minat Belajar dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(4), 885–892. https://doi.org/10.29303/griya.v2i4.240
Yandhari, I. A. V., Alamsyah, T. P., & Halimatusadiah, D. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahahan Masalah Matematis Siswa Kelas IV. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 146–152. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.19671
Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep Dan Berpikir Kritis Problem Based Learning (Pbl) Learning Model: the Effect on Understanding of Concept and Critical Thinking. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 02(November), 399–408.
Yusri, A. Y., Matematika, P., Andi, S., & Pangkep, M. (2018). P Engaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Mosharafa, 7(1), 51–62.