226. Penerapan Model PBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif dan Hasil Belajar Tematik Kelas V SDN Mijen 2
Keywords:
berfikir kreatif, hasil belajar, problem based learningAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan berfikir kreatif dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik tema 8 Lingkungan Sahabat Kita menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Subjek dalam penelitian ini adalah 15 peserta didik kelas V SD Negeri Mijen 2 Demak Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran, dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, dan refleksi. Sumber data dari guru dan peserta didik. Teknik pengumpulan data dari observasi, rubik/angket, tes, dan dokumentasi, selanjutnya dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Simpulan hasil penelitian ini dengan menerapkan model Problem base earning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Pada siklus I dapat meningkat menjadi 66,67% dan untuk siklus II di beritindakan mengalami peningkatan presentase menjadi 86,66%. pada siklus I dimana mengalami peningkatan hasil belajar dari jumlah peserta didik yang mencapai KKM meningkat menjadi 11 peserta didik dengan presentase 73,33% dan rata-rata nilai sebesar 74,67. Kemudian pada siklus II juga mengalami peningkatan dari siklus sebelumnya dimana hasil belajar dari jumlah peserta didik yang mencapai KKM meningkat menjadi 13 peserta didik dengan presentase 86,67% dan rata-rata nilai sebesar 85,33. Penelitian ini sudah mencapai indikator yang sudah ditetapkan 80% peserta didik mencapai KKM dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL).