48. Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Pendidikan Pancasila Melalui Metode Index Card Match Siswa Kelas IV SDN 3 Ngetuk

Authors

  • Rima Rizkianida
  • Fillia Prima Artharina
  • Hariyanto

Keywords:

hasil belajar, pendidikan pancasila, index card match

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar kognitif siswa melalui model Index Card Match pada muatan pelajaran Pendidikan Pancasila BAB 4 Negaraku Indoneisa kelas IV SDN 3 Ngetuk. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian adalah semua siswa kelas IV SDN 3 Ngetuk dengan jumlah 14 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Penelitian tindakan kelas ini telah dikatakan tuntas dengan dibuktikannya peningkatan hasil belajar Pendidikan Pancasila menggunakan metode pembelajaran Index Card Match. Ketuntasan belajar meningkat dari pra siklus 50%, siklus I menjadi 71.4%, dan siklus II meningkat 85.7%. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai dan mengalami peningkatan yang sangat baik. Simpulan penelitian ini adalah  melalui metode Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar kognitif Pendidikan Pancasila.

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Rizkianida, R. ., Artharina, F. P. ., & Hariyanto. (2023). 48. Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Pendidikan Pancasila Melalui Metode Index Card Match Siswa Kelas IV SDN 3 Ngetuk . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 429–437. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/3943

Issue

Section

Prosiding 2023

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.