77. Penerapan Model Word Square Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Kelas III SDN 3 Ngetuk

Authors

  • Rina Fandayani Universitas PGRI Semarang
  • Filia Prima Artharina Universitas PGRI Semarang
  • Hariyanto SDN 3 NGETUK

Keywords:

Model, Word Square, Hasil Belajar

Abstract

Seiring dengan perkembangan pendidikan diharapkan lebih inovatif dan kreatif dalam merancang proses pembelajaran. Salah satu yang dapat dilakukan adalah pemilihan model pembelajaran yang disesuaikan dengan  materi dan karakter siswa sehinga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Tujuan penelitian adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Melalui Penerapan Model pembelajaran Word Square pada kelas III SDN  3 Ngetuk. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam II Siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 3 Ngetuk yang terdiri dari 14 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan hasil observasi dan  evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa: Siklus I menunjukkan hasil belajar siswa pada kategori rendah sebesar 36% atau 5 siswa telah lulus dari jumlah 14 siswa. Pada siklus II, meningkat dan tergolong kategori tinggi menjadi 86% atau 12 siswa telah lulus. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penelitian ini dinyatakan berhasil.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Fandayani, R., Artharina, F. P., & Hariyanto. (2023). 77. Penerapan Model Word Square Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Kelas III SDN 3 Ngetuk. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 695–703. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4016

Issue

Section

Prosiding 2023

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.