337. Penggunaan Media Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV di SD Negeri 6 Wirosari

Authors

  • Tia Rohmatun
  • Farida Nursyahidah
  • Nusa Fitri
  • Diana Avita

Keywords:

Hasil belajar, Media pembelajaran, Ular tangga

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa siswa kelas IV SD Negeri 6 Wirosari memiliki hasil belajar yang rendah dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi konjungsi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dengan menggunakan media ular tangga, mendeskripsikan aktivitas siswa yang dilakukan dengan media ular tangga, dan mendeskripsikan hasil belajar siswa menggunakan media ular tangga. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah 31 siswa kelas IV SD Negeri 6 Wirosari. Penelitian ini dilakukan dengan rancangan PTK. Prosedur penelitian ini dilakukan tiga komponen utama pelaksanaan PTK adalah: (1) perencanaan, (2) tindakan pengamatan, dan (3) refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase pelaksanaan pembelajaran pada pra siklus mencapai 63%, siklus I mencapai 75%, dan persentase pelaksanaan pembelajaran pada siklus II meningkat menjadi 93. Aktivitas siswa pada pra siklus mencapai 55%, siklus I mencapai 65%, dan aktivitas siswa pada siklus II mencapai 85%. Ketuntasan klasikal pada pra siklus sebesar 61,29%, siklus I sebesar 67,74% dan siklus II sebesar 80,64%. Berdasarkan hasil data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 6 Wirosari pada pembelajaran Bahasa Indonesia dan sudah mencapai standar yang telah ditetapkan sebelumnya.

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Rohmatun, T. ., Nursyahidah, F. ., Fitri, N. ., & Avita, D. . (2023). 337. Penggunaan Media Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV di SD Negeri 6 Wirosari. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 3004–3013. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4265

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)