195. Peningkatan Hasil Belajar Tematik Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) pada Peserta Didik Kelas III SD

Authors

  • Feryana Nesita Miftahul Janah
  • Aryo Andri Nugroho
  • Ristanti

Keywords:

PBL, Hasil Belajar Tematik

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar tematik peserta didik kelas III SDN Wonolopo 01 Semarang Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023 menggunakan model PBL. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak tiga siklus. Subjek penelitian ini peserta didik kelas III SDN Wonolopo 01 Semarang berjumlah 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes.Teknik analisi data menggunakan deskriptif komparatif yang berupa presentase dari hasil belajar tematik antara pra siklus dan setelah siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar tematik. Pada kondisi awal sebesar 30% peserta didik mencapai batas tuntas. Siklus 1 meningkat sebesar 43% peserta didik mencapai ketuntasan. Siklus 2 meningkat sebesar 53% peserta didik mencapai ketuntasan. Sedangkan  pada  siklus 3 meningkat sebesar 80% peserta didik mencapai ketuntasan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah  penerapan model PBL membuat peserta didik menjadi lebih aktif dan berani dalam menyelesaikan masalah dan meningkatkan hasil belajar tematik.

 

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Janah, F. N. M. ., Nugroho, A. A. ., & Ristanti. (2023). 195. Peningkatan Hasil Belajar Tematik Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) pada Peserta Didik Kelas III SD. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1745–1754. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4114

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>