Pengaruh Penggunaan Pendekatan Tarl Terhadap Peningkatan Kemampuan Servis Atas dan Servis Bawah dalam Bola Voli
Keywords:
TaRL, Servis Atas dan bawah, Bola voliAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil keterampilan siswa dalam pembelajaran servis atas dan servis bawah dalam bola voli melalui penerapan metode pengajaran Teaching at The Right Level (TaRL). Metodologi penelitian yang digunakan adalah teknik penelitian tindakan kelas (PTK). Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari 34 siswa kelas X DPIB 3 SMK Negeri 5 Semarang. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa strategi TaRL berhasil meningkatkan hasil keterampilan siswa dalam pembelajaran servis atas dan servis bawah dalam bola voli pada pembelajaran pendidikan jasmani. Proporsi awal siswa yang berhasil melakukan keterampilan servis atas dalam bola voli sebelum mendapat intervensi TaRL adalah 35% setelah penerapan intervensi TaRL, proporsi akhir siswa yang berhasil melakukan gerakan meningkat menjadi 88% dan untuk proporsi awal siswa yang berhasil melakukan keterampilan servis bawah dalam bola voli sebelum mendapat intervensi TaRL adalah 44%. Setelah penerapan intervensi TaRL, proporsi akhir siswa yang berhasil melakukan gerakan meningkat menjadi 94%. Penggunaan strategi TaRL dalam pengajaran pendidikan jasmani terbukti meningkatkan hasil belajar servis atas dan servis bawah dalam bola voli
References
Abdurrochim, M. (2016). Pengembangan Model Permainan Bolatangan Untuk Anak Usia Sekolah Dasar Kelas Atas. Jurnal Keolahragaan, 4(1), P. 60. Doi: 10.21831/Jk.V4i1.8136.
Ahyar, A., Nurhidayah, N. And Saputra, A. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Tarl Dalam Meningkatan Kemampuan Literasi Dasar Membaca Peserta Didik Di Sekolah Dasar Kelas Awal. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), Pp. 5241–5246. Doi: 10.54371/Jiip.V5i11.1242.
Almujab, S. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi: Pendekatan Efektif Dalam Menjawab Kebutuhan Diversitas Siswa. Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 8, Pp. 1–17. Available At: Http://Repo.Iain-Tulungagung.Ac.Id/5510/5/Bab 2.Pdf.
Amin, H. And Adnan, A. (2020). Studi Tentang Beberapa Komponen Kondisi Fisik Atlet Bolavoli Smk Negeri 1 Kota Solok. Jurnal Patriot, 2(1), Pp. 265–276.
Andini, D. W. (2022). Differentiated Instruction: Solusi Pembelajaran Dalam Keberagaman Siswa Di Kelas Inklusif. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-Sd-An, 2(3), Pp. 340–349. Doi: 10.30738/Trihayu.V2i3.725.
Astuti, Y. And Kumar, A. (2019). Motoric Ability And Nutrition Status Factor Analysis With The Learning Outcomes Playing Skill Of Volley Ball. Kne Social Sciences, 3(14), P. 689. Doi: 10.18502/Kss.V3i14.4347.
Burhanuddin, I. And Maida, A. N. (2023). Penerapan Metode Kerja Individu Dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran Merias Wajah Pengantin Adat Bugis Di Smk Negeri 1 Somba Opu Kabupaten Gowa. Jovi:Journal Of Vocational Instruction, 2(1), P. 29. Doi: 10.55754/Jov.V2i1.46838.
Khairani, L. Et Al. (2022). Motivasi Belajar Siswa Man Binjai Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Sains, 2(3), Pp. 146–149. Doi: 10.58432/Algebra.V2i3.570.
M.E. Winarno, Dkk. (2018). Teknik Dasar Bermain Bola Voli. Malang: Universitas Negeri Malang.
Naibaho, D. P. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Mampu Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik. Journal Of Creative Student Research, 1(2), Pp. 81–91.
Showab, A. And Djawa, B. (2019). Pengaruh Modifikasi Permainan Bola Voli Terhadap Kegembiraan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan2, 07 (03), Pp. 307–312.
Suharyani, S., Suarti, N. K. A. And Astuti, F. H. (2023). Implementasi Pendekatan Teaching At The Right Level (Tarl) Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Anak Di Sd It Ash-Shiddiqin. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(2), P. 470. Doi: 10.33394/Jtp.V8i2.7590.
Syah, D. F., Suryaningsih, L. And Ridwan, M. (2024). Optimalisasi Hasil Belajar Gerak Dasar Shooting Sepak Bola Melalui Pendekatan Tarl. Jurnal Keolahragaan Juara, 2, Pp. 164–170.
Ulfah, A. Et Al. (2023). Tarl-Based Differentiated Learning Model Training For Primary School Teachers In Independent Curriculum Implementation. Social, Humanities, And Educational Studies (Shes): Conference Series, 6(3), Pp. 348–356. Doi: 10.20961/Shes.V6i3.82370.
Yatmi, H. A., Wahyudi, W. And Ayub, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Ditinjau Dari Pengetahuan Awal Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 5(2), Pp. 287–295. Doi: 10.29303/Jpft.V5i2.1327.