Efektivitas Media Gambar Dan Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tolak Peluru Di Kelas X-3 SMA N 3 Semarang
Keywords:
Media gambar, media vidio, Hasil belajar, Tolak PeluruAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa kelas X SMA Negeri 3 Semarang yang sedikit meminati olahraga tolak peluru, masih ada yang belum mengetahui olahraga tolak peluru, dan ada juga yang sudah tahu tapi tidak bisa memainkannya. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui efektivitas media gambar dan video terhadap hasil belajar, serta perbedaan hasil belajar siswa dengan media gambar dan video pada materi tolak peluru di Kelas X-3 SMA N 3 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 3 Semarang dengan subjek penelitian siswa kelas X-3 yang terdiri dari 31 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa X-3 SMAN 3 Semarang dengan menggunakan media gambar pada siklus I sudah baik. Data siklus I menunjukkan rata-rata nilai 62,58. Artinya masih banyak siswa yang belum memahami gerakan dalam olahraga tolak peluru meskipun nilai hasil belajarnya sudah baik. Hasil belajar siswa kelas X-3 SMA Negeri 3 Semarang pada materi tolak peluru dengan media video pada siklus II menunjukkan peningkatan. Data menunjukkan bahwa dari 31 siswa, 28 sudah memahami olahraga tolak peluru dengan rata-rata nilai kuesioner 88,90. Penggunaan media gambar dan video dapat dikatakan efektif, namun video lebih efektif sebagai media pembelajaran materi tolak peluru.
References
Artama, S., Djollong, A. F., Ismail, Lubis, L. H., Kalbi, Yulianti, R., Mukarramah, Mardin, H., Ibrahim, M. B., Fatih, T. A., Holifah, L., & Diana, P. Z. (2023). Evaluasi hasil belajar.
Fadjarajani, S., Rosali, E. S., Patimah, S., Liriwati, F. Y., Nasrullah, Sriekaningsih, A., Daengs, A., Pinem, R. J., Harini, H., Sudirman, A., Ramlan, Falimu, Safriadi, Nurdiyani, N., Lamangida, T., Butarbutar, M., Wati, N. M. N., Rahmat, A., Citriadin, Y., … Nugraha, M. S. (2020). Metodologi Penelitian: Pendekatan Multidisipliner. In Metodologi Penelitian.
Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Bintang Sutabaya, 1–129.
Maarif, I. (2024). buku ajar keterampilan teknik dasar atletik. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Mahendra, A., & Abdul, B. (2021). Buku Panduan Guru dan Kesehatan.
Pagarra H & Syawaludin, D. (2022). Media Pembelajaran. In Badan Penerbit UNM.
Sartika, S. B. (2022). Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. In Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.21070/2022/978-623-464-043-4
Siregar, H. T. (2024). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar. Universitas Muhammadiyah Malang, 5(259), 1–2. https://psikologi.uma.ac.id/wp-content/uploads/201
Suhirman. (2021). Penelitian Tindakan Kelas(Pendekatan Teoritis & Praktis). 88–89.
Sumaryoto, N. S. (2017). PJOK Kelas XI BS press.
Totong Umar, Ronny Suryo Narbito, & Devina Dwi Anggarita. (2024). Perbedaan Pengaruh Metode Pembelajaran Teknik Dan Bermain Terhadap Hasil Belajar Tolak Peluru Gaya Obrein Pada Siswa Kelas 4 Dan 5 Sd N 02 Malanggaten Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Spirit, 24(1), 48–59. https://doi.org/10.36728/jis.v24i1.3224