Penerapan Project Based Learning Dengan Penilaian Berbasis Komunikasi Pada Materi Pembiakan Tanaman Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Lisan Siswa

Authors

  • Intan Laksitadewi Universitas PGRI Semarang
  • M Syaipul Hayat Universitas PGRI Semarang
  • Ipah Budi Minarti Universitas PGRI Semarang
  • M Taufiq Fahrurozi SMKN H Moenadi

Keywords:

komunikasi lisan, project based learning, pembiakan tanaman, wawancara, presentasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan komunikasi lisan siswa kelas X ATN 1 SMKN H Moenadi melalui model Project Based Learning (PjBL) dengan penilaian berbasis komunikasi pada materi pembiakan tanaman secara generatif. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam tiga tahap: pra siklus, siklus I, dan siklus II. Pengamatan dilakukan melalui wawancara dan presentasi tanpa membaca teks. Hasil menunjukkan peningkatan keterampilan komunikasi dari 52% (pra siklus) menjadi 87% (siklus II), dengan peningkatan rata-rata sebesar 67%. Seluruh indikator komunikasi melampaui target minimal 70%, dan 91% siswa mencapai kategori Baik atau lebih. Kesimpulannya, penerapan PjBL dengan penilaian komunikasi efektif meningkatkan keterampilan komunikasi lisan siswa.

Author Biographies

M Syaipul Hayat, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Biologi, FMIPA, UPGRIS, Jl. Sidodadi Timur No.24 Semarang, 50232

Ipah Budi Minarti, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Biologi, FMIPA, UPGRIS, Jl. Sidodadi Timur No.24 Semarang, 50232

M Taufiq Fahrurozi, SMKN H Moenadi

SMKN H Moenadi, Jl. DI Panjaitan No. 9, Tarubudaya, Bandarjo, Ungaran 50517

References

Apriani, P., Fikriyah, & Susilawati. (2024). Penerapan model PjBL untuk meningkatkan kemampuan komunikasi pada mata pelajaran matematika di SD Negeri 3 Patrol Lor. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(5), 3361–3368. https://ulilalbabinstitute.id/index.php/J-CEKI/article/view/4737

Farhani, P. A., Fauzan, & Ridwanudin, D. (2022). Analisis keterampilan berbicara melalui teknik wawancara pada siswa kelas V sekolah dasar. JMIE: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, 6(1), 50–64. https://e-journal.adpgmiindonesia.com/index.php/jmie/article/view/407

Febriyanto, Sumarno, & Dies Hendra WW. (2024). Peningkatan keterampilan komunikasi melalui pembelajaran window shopping berbasis diferensiasi konten dan proses pada materi jaringan. Jurnal Pendidikan Guru Profesional, 2(1), 44–54. https://doi.org/10.26877/jpgp.v2i1.835

Hayat, M. S., Rustaman, N. Y., Rahmat, A., dan Redjeki, S. (2019). Perkembangan Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi Mahasiswa dalam Perkuliahan KeanekaragamanTumbuhan melalui Inkuiri Berorientasi Entrepreneurship.Jurnal Mangifera Edu, 4(1), 19-31. https://doi.org/10.31943/mangiferaedu.v4i1.41

Maulidah, E. (2024). Efektifitas model Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan keterampilan komunikasi dan kolaborasi siswa. JIE: Journal of Islamic Education, 10(2), 263–271. https://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/jie/article/viewFile/8789/pdf

Mauliyawati, A., Budojo, J., & Sudarmin. (2024). Peningkatan kemampuan komunikasi siswa melalui model pembelajaran PjBL-Window Shopping di kelas IX D SMPN 5 Semarang. Jurnal Pendidikan IPA, 12(2), 174–180. https://shorturl.at/joYKm

Nugroho, A. T., Jalmo, T., & Surbakti, A. (2019). Pengaruh model project based learning (PjBL) terhadap kemampuan komunikasi dan berpikir kreatif. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 7(3), 50-58. https://repository.lppm.unila.ac.id/20483/1/17428-39307-1-PB.pdf

Putri, D. D., Patongai, U. S., Pagarra, H., Saparuddin, Sahribulan, & Ngitung, R. (2023). Pelatihan teknik presentasi ilmiah yang efektif bagi mahasiswa Biologi FMIPA UNM. ININNAWA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 94–99. https://shorturl.at/HDPIX

Wahyuni, I. P., Saputra, A., & Harlita. (2019). Penerapan model pembelajaran Project Based Learning untuk meningkatkan keterampilan oral communication peserta didik kelas X MIPA 4 SMA Negeri 5 Surakarta. Proceeding Biology Education Conference, 16(1), 95–100. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/38401

Wulandari, A. S., Suardana, I. N., & Devi, N. L. P. L. (2019). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kreativitas siswa SMP pada pembelajaran IPA. JPPSI: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia, 2(1), 47–58. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPPSI/article/view/17222

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Laksitadewi, I., Hayat, M. S., Minarti, I. B., & Fahrurozi, M. T. (2024). Penerapan Project Based Learning Dengan Penilaian Berbasis Komunikasi Pada Materi Pembiakan Tanaman Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Lisan Siswa . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020366. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7306

Issue

Section

Agri Bisnis dan Tanaman

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.