Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Kahoot Pada Siswa Kelas X

Authors

  • Agdya Mayang Savitri Universitas PGRI Semarang
  • Ngatmini Univerista PGRI Semarang
  • Nazla maharani Umaya Univerista PGRI Semarang
  • Sri Handayani SMA Negeri 11 Semarang

Keywords:

kemampuan menulis, Puisi, Problem Based Learning, Kahoot

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dan media Kahoot di kelas X-1 SMA Negeri 11 Semarang Tahun Ajaran 2024/2025. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam menulis materi pembelajaran yang terlihat dari nilai rata-rata yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal dan rendahnya partisipasi siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata nilai siswa dari 63,02 pada pra siklus menjadi 72,25 pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 82,50 pada siklus II. Ketuntasan klasikal juga mengalami peningkatan dari 30,56% pada pra siklus, menjadi 61,11% pada siklus I, dan mencapai 91,67% pada siklus II. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dan media Kahoot efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa. Selain itu, media ini juga mampu meningkatkan motivasi dan keaktifan siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dan media Kahoot relevan dengan kehidupan siswa mampu memberikan dampak positif terhadap peningkatan kualitas pembelajaran.

References

Fahmi, dkk. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Panduan Lengkap dan Praktis. Indralaya: Adanu Abimata.

Ilmiyah Nur Hafidhotul, M. S. (2021). Pengaruh Media Kahoot dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa.

Kosasih, E. (2012). Dasar-Dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.

N., N. R., & Anugraheni, I. (2017). Peningkatan aktivitas belajar matematika melalui pendekatan Problem Based Learning bagi siswa kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(3), 241–250.

Rerung, N., Sinon, I. L., & Widyaliningsih, S. W. (2017). Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA pada materi usaha, gaya, dan energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 47–55.

Sudarti, N. W. (2024). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA. Pedalitra: Prosiding Pedagogi, Linguistik, dan Sastra, 4(1), 322-334.

Downloads

Published

2025-06-27

How to Cite

Agdya Mayang Savitri, Ngatmini, Nazla maharani Umaya, & Sri Handayani. (2025). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Kahoot Pada Siswa Kelas X. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 250301119. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7358

Issue

Section

Pendidikan Bahasa Indonesia

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.