Penerapan PjBL (Project Based-Learning) Pada Materi Pembiakan Tanaman Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Dengan Pendekatan Berdiferensiasi Konten

Authors

  • M Yusuf Muhajir Universitas PGRI Semarang
  • Atip Nurwahyunani Universitas PGRI Semarang
  • Ipah Budi Minarti Universitas PGRI Semarang
  • M. Taufiq Fahrurozi SMK Negeri H. Moenadi

Keywords:

Berdiferensiasi, Komunikasi, Project Based Learning, wawancara

Abstract

Peserta didik di kelas X-ATPH 2 SMK Negeri H. Moenadi tergolong aktif saat melakukan kegiatan pembelajaran di lahan. Proses pembelajaran yang berfokus pada projek budidaya tanaman tanpa diimbangi dengan kegiatan pembelajaran dalam ruangan membuat peserta didik cenderung memilki kompetensi Soft-Skill kurang khususnya dalam hal keterampilan komunikasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi  melalui model Project Based Learning dengan pendekatan berdiferensiasi konten. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif serta menggunakan instrumen penilaian berupa Lembar Observasi Wawancara dan presentasi. Hasil analisis penelitian, menunjukan adanya peningkatan keterampilan komunikasi peserta didik dari seluruh indikator. Indikator kemampuan mendengarkan, memahami pembicaraan serta pertanyaan orang lain meningkat 26% dari kegiatan Pra-siklus hingga siklus 2. Sementara itu, indikator Kemampuan menjelaskan hasil diskusi, pendapat, ide atau gagasan meningkat 23%. Indikator memiliki kejelasan intonasi, pelafalan, dan bahasa yang baik mengalami kenaikan sebesar 17%. Pada indikator kemampuan interpretasi/mengubah informasi menjadi bentuk lain seperti tabel, diagram, dan gambar mengalami kenaikan paling tinggi yakni 37%.  Analisis tersebut menunjukan model Project Based Learning dengan pendekatan berdiferensiasi konten terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan komunikasi peserta didik.

Author Biographies

Atip Nurwahyunani, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Biologi, FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang, Jl. Sidodadi Timur No.24 Semarang, 50232

Ipah Budi Minarti, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Biologi, FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang, Jl. Sidodadi Timur No.24 Semarang, 50232

M. Taufiq Fahrurozi, SMK Negeri H. Moenadi

Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura, SMK Negeri H. Moenadi, Jl. D.I Panjaitan No.9, Kec. Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, 50517

References

Febrianto et al.2023. Peningkatan Keterampilan Komunikasi Melalui Pembelajaran Window Shopping Berbasis Diferensiasi Konten dan Proses pada Materi Jaringan.Semarang.Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru 2023 hal (3915-3922)

Febrianto et al.2023. Peningkatan Keterampilan Komunikasi Melalui Pembelajaran Window Shopping Berbasis Diferensiasi Konten dan Proses pada Materi Jaringan.Semarang. Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, hal (3915-3922)

Hadijah et al.2023. Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Komunikasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA di SMAN 2 Mataram.Mataram.Jurnal Ilmiah Profesi pendidikan, vol (8) hal (2222-2228)

Kartika, Widya.2021.Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Communication Skills Pada Mata Kuliah Pengembangan Sumber Daya Manusia.Surabaya.Universitas Negeri Surabaya

Languju, Mary Christien et al.2021. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Verbal melalui Project Based Learning.Jakarta Timur. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, hal (74-82)

Lema, Yunita et al.2023. Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Model PJBL Materi Bioteknologi Untuk Mengembangkan Ketrampilan Kreativitas Dan Inovasi Siswa SMP.Semarang. Journal Of Social Science Research

Lestari, Eka Meilana Puji et al.2022. Implementasi Model Pembelajaran Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA dan Keterampilan Berkomunikasi Peserta Didik.Madiun.Universitas PGRI Madiun

Mona, Nailil.2023. Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dan Kreativitas Peserta Didik.Semarang. Jurnal Pendidikan Guru Profesional Vol.1 hal (150-167)

Nurdin, H. S.2016. Guru Profesional Dan Penelitian Tindakan Kelas. Bukittinggi.Journal of Education Studies, Retrieved 1(1), 1–12.

Rahma, Azmi Aulia et al.2022.Pemanfaatan Canva Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Digital Peserta Didik.Tegal.Universitas Pancasakti Tegal

Rahmawati, Siti.2024. Dampak Literasi Pada Kemampuan Berkomunikasi: Tinjauan Literatur Keterampilan Membaca Bahasa Indonesia.Semarang.Universitas Negeri Semarang

Romadhoni, Mar’atus et al.2023. Peer Learning berbasis Pameran Poster Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan 4C Peserta Didik Kelas XI MIPA 6.Semarang. Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru

Safitri.2022. Pendekatan Peer Teaching Berbentuk Group Discussion Untuk Meningkatkan Pembelajaran Dhamir Di Kelas X-1 Man Kota Surabaya. Jurnal Bahasa Lingua Scientia, 14(2), 301–315.

Sibuea, Bismar et al.2023. Penilaian Diri dan Penilaian Reflektif.Jambi.Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Muhajir, M. Y., Nurwahyunani, A., Minarti, I. B., & Fahrurozi, M. T. (2024). Penerapan PjBL (Project Based-Learning) Pada Materi Pembiakan Tanaman Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Dengan Pendekatan Berdiferensiasi Konten. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020373. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7361

Issue

Section

Agri Bisnis dan Tanaman

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.