Meningkatkan Keaktifan siswa melalui model Project Based Learning (PjBL) dengan Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) pada materi menulis Biografi kelas X-10 SMA Negeri 8 Semarang

Authors

  • Juni Hardiyanti Universitas PGRI Semarang
  • Mukhlis Universitas PGRI Semarang
  • Agus Wismanto Universitas PGRI Semarang
  • Setia Naka Andrian
  • Harnanik Caturwuri

Keywords:

keaktifan siswa, Biografi, pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL), Project-Based Learning (PjBL)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan siswa saat pembelajaran berlangsung, khususnya dalam materi menulis biografi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan melibatkan 35 siswa kelas X-10 SMA Negeri 8 Semarang. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dari siklus pertama ke siklus kedua. Pada siklus pertama, sebagian siswa masih menunjukkan partisipasi yang rendah, namun setelah dilakukan perbaikan tindakan pada siklus kedua, terlihat peningkatan yang signifikan dalam hal diskusi kelompok, tanggung jawab terhadap tugas proyek, serta antusiasme dalam menyampaikan hasil kerja. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) secara efektif dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran.

Author Biographies

Mukhlis, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas PGRI Semarang

Setia Naka Andrian

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas PGRI Semarang

Harnanik Caturwuri

Guru Bahasa Indonesia SMA Negeri 8 Semarang

References

Rukhmana, Trisna, ‘Jurnal Edu Research Indonesian Institute For Corporate Learning And Studies (IICLS) Page 25’, Jurnal Edu Research : Indonesian Institute For Corporate Learning And Studies (IICLS), 2.2 (2021), pp. 28–33

Ahyar, A., Nurhidayah, N., & Saputra, A. (2022). Implementasi Model Pembelajaran TaRL dalam Meningkatan Kemampuan Literasi Dasar Membaca Peserta Didik di Sekolah Dasar Kelas Awal. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 5241–5246. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1242

Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2020). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292–299. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p292-299

Hasbullah. (2006). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. PT RajaGrafindo Persada.

Hilmi, I., & Nurhayati, F. (2024). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Pelajaran Bahasa Arab. JSIM: Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 5(1), 870–874.

Meita, L., Furi, I., Handayani, S., & Maharani, S. (2018). Eksperimen Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Project Based Learning Terintegrasi Stem Untuk Mengingkatkan Hasil Belajar Dan Kreativitas Siswa Pada Kompetensi Dasar Teknologi Pengolahan Susu. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 49-60–60. https://doi.org/10.15294/jpp.v35i1.13886

Mustika Rahmayanti, S., Rahmantika Hadi, F., & Suryanti, L. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL MENGGUNAKAN PENDEKATAN TaRL. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 4545–4557. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7914

Nurhadiyati, A., Rusdinal, R., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 327–333. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.684

Wikanta, W., & Gayatri, Y. (2017). Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Menanamkan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 23(2), 171–175

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Juni Hardiyanti, Mukhlis, Wismanto, A., Setia Naka Andrian, & Harnanik Caturwuri. (2024). Meningkatkan Keaktifan siswa melalui model Project Based Learning (PjBL) dengan Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) pada materi menulis Biografi kelas X-10 SMA Negeri 8 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 2503010132. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7379

Issue

Section

Pendidikan Bahasa Indonesia

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.