42. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar dalam Muatan Matematika Kelas 4 SDN Karanganyar Gunung 02 Semarang

Authors

  • Diya Illa Darojjah
  • Fine Reffiane
  • Nur Rizkiati

Keywords:

Project Based Learning, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian dengan tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui hasil belajar peserta didik yang dilakukan dengan menggunakan materi yang sama dengan dua pembelajaran yang berbeda. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang akan di olah dengan analisis deskriptif. Pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini dengan menggunakan observasi dengan wawancara, dokumentasi dan tes evalusi untuk mengetahui hasil belajar. Pembelajaran pada siklus 1 guru menggunakan matode ceramah dan tidak menggunakan media pembelajaran konkrit atau audio visual dan tidak menggunakan model pembelajaran yang efektif. Siklus 2 kegiatan pembelajaran kegiatan pembelajaran menggunakan model pemmbelajaran Poject Based Learning (PjBL) yang memiliki 6 fase dalam melaksanakan pembelajaran dan menggunakan media pembelajaran konkrit dalam bentuk kubus dan balok serta media audio visual kubus dan balok yang ditampilkan pada LCD Proyektor. Peningkatan hasil belajar yang di dapatkan peserta didik dari siklus 1 ke siklus 2 dengan selisih 35,7%.

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Darojjah, D. I. ., Reffiane, F. ., & Rizkiati, N. . (2023). 42. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar dalam Muatan Matematika Kelas 4 SDN Karanganyar Gunung 02 Semarang . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 375–382. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/3934

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.