322. Penerapan Metode Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SD 4 Dersalam Kudus
Keywords:
Model Pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Belajar, MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika tentang membandingkan ukuranpada peserta didik kelas I SD 4 Dersalam Kudus melalui penerapan metode pembelajaran problem based learning, serta mengetahui apakah tejadi peningkatan hasil belajar Problem Based Learning kelas I SD 4 Dersalam Kudus. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus, yang masing-masing siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, dengan subjek penelitian 29 peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar soal tes. Hasil penelitian menunjukkan melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, terbukti dari 29 peserta didik, pada kondisi awal yang mencapai ketuntasan belajar hanya 10 peserta didik atau 34%, sedangkan 19 peserta didik atau 66% belum tuntas, pada kondisi akhir dari 29 peserta didik yang belum tuntas hanya 5 peserta didik atau 17% dan yang tuntas belajar 24 peserta didik atau 83%.