322. Penerapan Metode Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SD 4 Dersalam Kudus

Authors

  • Firda Saiful Anam
  • Ferina Agustini
  • Supriyanto

Keywords:

Model Pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Belajar, Matematika

Abstract

Penelitian    ini    bertujuan    untuk    meningkatkan    hasil    belajar    Matematika    tentang membandingkan   ukuranpada   peserta   didik   kelas   I   SD   4   Dersalam   Kudus   melalui penerapan  metode  pembelajaran  problem  based  learning,  serta  mengetahui  apakah tejadi peningkatan hasil belajar Problem Based Learning kelas I SD 4 Dersalam Kudus. Metode  yang  digunakan  yaitu  metode  penelitian  tindakan  kelas  yang  terdiri  atas  dua siklus,  yang  masing-masing  siklus  melalui  tahap  perencanaan,  pelaksanaan,  observasi, dan refleksi, dengan subjek penelitian 29 peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar soal tes. Hasil penelitian menunjukkan melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik,  terbukti  dari  29    peserta  didik,    pada  kondisi  awal  yang  mencapai  ketuntasan belajar  hanya  10  peserta  didik  atau  34%,  sedangkan  19  peserta  didik  atau  66%  belum tuntas,  pada kondisi akhir dari 29 peserta didik yang belum tuntas hanya 5 peserta didik atau 17% dan yang tuntas belajar 24 peserta didik atau 83%.

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Anam, F. S. ., Agustini, F. ., & Supriyanto. (2023). 322. Penerapan Metode Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SD 4 Dersalam Kudus. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2873–2882. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4240

Issue

Section

Prosiding 2023