73. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Jeketro
Keywords:
Problem Based Learning, hasil belajar, IPASAbstract
Dalam konteks pendidikan, hasil belajar merupakan indikator keberhasilan pembelajaran yang mencerminkan sejauh mana siswa memahami materi yang diajarkan guru. Oleh karena itu penting bagi guru untuk dapat memeberikan motivasi kepada peserta didik agar lebih kreatif, aktif, dan inovatif terhadap berbagai permasalahan yang ada dilingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPAS melalui penerapan model problem based learning (PBL) pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Jeketro. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas secara kolaboratif, dan menggunakan metode analisis diskriptif. subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 40 siswa. Prosedur penelitian Tindakan kelas berupa perencanaan, observasi,dan refleksi. Pelaksanaan Tindakan kelas terdiri dari prasiklus, siklus 1 dan siklus 2.teknik pengumpulan data menggunakan instrument test dan non tes.hasil penelitian menunjukkan hasil belajar dari soal evaluasi yang dikerjakan siswa, dari 40 siswa sebanyak 30% dinyatakan tuntas KKM pada pembelajaran pra siklus, kemudian pada siklus I ketuntasan meningkat menjadi 63% dan pada siklus II meningkat menjadi 88% dengan kategori sangat baik dan memenuhi kriteria ketuntasan. Capaian rata-rata hasil belajar peseta didik pada pra siklus mencapai 69,00 pada siklus I meningkat menjadi 76,25 dan meningkat kembali pada siklus II menjadi 86,00. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS di kelas IV SD Negeri 1 Jeketro.