307. Peningkatan Hasil Belajar IPA Tema 9 Melalui Model PBL Berbantuan Media Video Siswa Kelas V Sekolah Dasar
Keywords:
Model Problem Based Learning, video Pembelajaran, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA bagi peserta didik SDN Sawah Besar 01 kelas 5 semester genap. Melalui model Problem Based Learning (PBL) berbantuan video pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan 3 jenis yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar IPA. Peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari nilai yang mencapai KKM sebelum tindakan yaitu pada kegiatan pra siklus diperoleh rerata 62%, kemudian pada siklus I mengalami peningkatan yaitu 78% dan yang terakhir pada siklus II hasil belajar peserta didik mendapatkan rerata 90%. Disimpulkan bahwasannya penerapan model Problem Based Learning berbantuan video dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar yang signifikan.