213. Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar

Authors

  • Ulfiatul Inka Aprilia Universitas PGRI Semarang
  • Suyoto Universitas PGRI Semarang
  • Dewi Kunijah SD 5 Klaling Kudus

Keywords:

Penelitian Tindakan Kelas, Hasil Belajar, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus yang dilaksanakan pada Sekolah Dasar 5 Klaling Kudus di kelas I yang berjumlah 34 siswa. Objek penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan dengan tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dan observasi yang dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa: (1) rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 76,1 dengan persentase ketuntasan siswa 64,71%; (2) rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II meningkat menjadi 83,5 dengan persentase ketuntasan siswa 94,12%; dan (3) hasil observasi pada siklus I sebesar 85 dengan kategori baik mengalami peningkatan menjadi 93 dengan kategori sangat baik pada siklus II. Kesimpulannya adalah model pembelajaran (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Aprilia, U. I., Suyoto, & Kunijah, D. (2023). 213. Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1907–1915. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4242

Issue

Section

Prosiding 2023