43. Penggunaan Media Cardsort dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif PKN Kelas IV di SD 1 Payaman
Keywords:
Hasil Belajar, Card Sort, Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL)Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji penggunaan media Card Sort untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Card sort adalah teknik pembelajaran yang melibatkan penyortiran kartu menurut kategori atau konsep tertentu. Keefektifan penggunaan media tersebut dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa telah diamati melalui penelitian lapangan di dalam kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV dalam pembelajaran PKn di SD 1 Payaman. Penelitian tindakan ini menggunakan alur penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data untuk penilitian ini yaitu wawancara, angket, observasi, dan studi dokumenter, serta menerapkan variasi pembelajaran. Dari hasil penelitian mulai dari perencanaan hingga perbaikan hingga implementasi dan evaluasi dapat disimpulkan bahwa metode Card Sort dapat memperbaiki tingkat keberhasilan pembelajaran PKn di Kelas IV. Hal ini terbukti sebelum perbaikan nilai ketuntasan hasil siswa hanya 41,18%, perbaikan siklus I menjadi 64,71% siswa, dan pada siklus II 88,24%, sedangkan pada siklus III 100%.