209. Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Pengukuran Waktu Melalui Model Problem Besed Learning Siswa Kelas 2 SD Negeri Sawah Besar 01
Keywords:
Model Problem Based Learning, Hasil belajar, MatematikaAbstract
Penelitian ini dilator belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika pada materi waktu di kelas II A SD Negeri Sawah Besar 01 karena pembelajaran yang masih konvensional. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis jam dengan model problem based learning. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek siswa kelas II A SD Negeri Sawah Besar 01. Instrument tes evaluasi akhir pada penelitian ini berupa tes evaluasi 10 soal. Penelitain dilakukan sebanyak dua siklus. Indikator yang digunakan adalah keterampilan membaca dan menulis jam sehingga hasil belajar peserta didik meningkat. Hal ini ditunjukkan oleh meningkatnya hasil belajar berdasarkan ketuntasan pra sikulus dengan persentase 45%, siklus 1 dan siklus 2 dengan persentase 67% dan 88%. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi waktu di kelas II A SD Negeri Sawah Besar 01.
Kata kunci: , ,