52. Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas 1B SD Sawah Besar 01 Semarang

Authors

  • Prilla Anggia Putri
  • Fenny Roshayanti
  • Donis Sanjaya

Keywords:

Problem Based Learning, Pendidikan Pancasila, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas 1B SD Sawah Besar 01 Semarang pada muatan pelajaran Pendidikan Pancasila menggunakan model pembelajaran problem based learning. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil pada pembelajaran pra-tindakan menunjukkan presentase ketuntasan siswa sebanyak 10,3%, siklus I sebanyak 44,8%, Siklus II sebanyak 65,5%, dan siklus III sebanyak 87%. Dari data yang dihasilkan menunjukkan peningkatan pada setiap siklusnya. Dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning, terbukti dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 1B SD Sawah Besar 01 Semarang mata pelajaran Pendidikan Pancasila.

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Putri, P. A. ., Roshayanti, F. ., & Sanjaya, D. . (2023). 52. Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas 1B SD Sawah Besar 01 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 463–470. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/3948

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)