Penggunaan Magliput Smart Kit Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Pada Kelas 4 SDN Pedurungan Kidul 01

Authors

  • Dewinta Arum Maulida Universitas PGRI Semarang
  • Filia Prima Artharina UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Duwi Nuvitalia UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Fitria Miftakhul Jannah SDN PEDURUNGAN KIDUL 01

Keywords:

Magliput Smart Kit, Pembelajaran Inovatif, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Magliput Smart Kit terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas 4 SDN Pedurungan Kidul 01 Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 29 siswa kelas IV dengan 13 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar untuk mengukur peningkatan pengetahuan siswa dan lembar observasi untuk menilai keterlibatan dan aktivitas siswa selama pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada hasil belajar matematika siswa. Pada prasiklus, rata-rata nilai tes hasil belajar siswa adalah 54,82. Sementara pada siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 63,79 dan nilai rata-rata siklus II menjadi 81,37. Berdasarkan penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Magliput Smart Kit memiliki pengaruh positif dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 4 SDN Pedurungan Kidul 01 Kota Semarang. Dengan demikian, media ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran matematika di sekolah dasar guna mendukung pemahaman siswa yang lebih baik dan meningkatkan motivasi belajar mereka.

Author Biography

Dewinta Arum Maulida, Universitas PGRI Semarang

PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

References

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Republik Indonesia. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020–2024. https://www.kemdikbud.go.id

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan,

Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2022). Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. https://www.kemdikbud.go.id

Andika, R., Ningsih, N. A., Restiyani, Maesaroh, S., & Rasilah. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Cendekia, 2(3), 454–474.

Anitasari, S., Rahmantika Hadi, F., & Ridwan. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Pbl Berbantuan Media Konkret Matematika. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2218–22135.

Laimeheriwa, D. (2025). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Matematika di SD Muhammadiyah Aimas Kabupaten Sorong Devianti Laimeheriwa. Jurnal PETISI, 6(1), 70–75.

Pramestika, L. A. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Dan Bangun Ruang Sd. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 110–114. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.610

Putri, S. B. P., Maruti, E. S., & Yani, T. (2024). PENERAPAN LKPD DENGAN PENDEKATAN TARL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 4 SDN NGLANDUK 01. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(September), 332–342.

Risma Handayani, N. P., & Surya Abadi, I. B. G. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Gambar Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas IV SD. Mimbar Ilmu, 25(1), 120. https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24767

Saragi, D., Puba, N., & Simarmata, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Manipulatif terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Kelas V SD Negeri 102035 Gempolan T.A 2022/2023. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(20), 1349–1358.

Sari, D. N., Siregar, D. A., Manullang, G. E., Gultom, I. A., & Purba, F. (2024). Peran Media Pembelajaran dalam Mengatasi Masalah Siswa SD pada Pembelajaran Matematika Kelas VI di SDN 060848 Durung. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(3), 41906–41910.

Sitepu, S., & Suri, M. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Materi Perkembangan Islam. Journal of Education Science, 1, 45–55. http://www.jurnal.uui.ac.id/index.php/jes/article/view/1974%0Ahttp://www.jurnal.uui.ac.id/index.php/jes/article/viewFile/1974/1076

Utomo, I. S., & Hardini, A. T. A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 9978–9985. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.2495

Downloads

Published

2025-06-07

How to Cite

Maulida, D. A., Artharina, F. P., Nuvitalia, D., & Jannah, F. M. (2025). Penggunaan Magliput Smart Kit Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Pada Kelas 4 SDN Pedurungan Kidul 01 . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 250301064. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7193

Issue

Section

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.