Penerapan Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik dengan Bantuan Media Interaktif pada Materi Pemeliharaan Tanaman

Authors

  • Novi Aulia Nuraini Universitas PGRI Semarang
  • Atip Nurwahyunani Universitas PGRI Semarang
  • Ipah Budi Minarti
  • Indah Linawati

Keywords:

Minat belajar, media interaktif, problem based learning

Abstract

Rendahnya minat belajar peserta didik dalam pembelajaran pemeliharaan tanaman menjadi permasalahan utama yang dihadapi dalam proses pembelajaran. Peserta didik cenderung pasif, kurang fokus, dan kurang terlibat aktif selama kegiatan berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah yang didukung oleh media interaktif berbasis teknologi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X ATN 5 SMKN H Moenadi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket minat belajar yang mencakup empat indikator, yaitu perasaan senang, perhatian, ketertarikan, dan keterlibatan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan antara siklus I dan siklus II. Pada siklus I, rata-rata persentase minat belajar peserta didik berada pada kategori sedang dengan nilai sebesar 60,24%. Setelah dilakukan perbaikan melalui penerapan media interaktif dalam bentuk laman pembelajaran digital, pada siklus II rata-rata persentase meningkat menjadi 79,15% dengan kategori tinggi. Peningkatan sebesar 18,91% ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis masalah yang dipadukan dengan media interaktif mampu mendorong peserta didik untuk lebih aktif, tertarik, dan fokus dalam mengikuti pembelajaran. Dengan demikian, strategi ini terbukti efektif dalam meningkatkan minat belajar peserta didik secara menyeluruh.

References

Afifah, D. I., Ulfah, M., & Nurhayati, E. (2023). Penerapan Gallery Walk dalam PJBL untuk Meningkatkan Minat dan Keterampilan Menulis Poster Biologi. Seminar Nasional PPG UPGRIS.

Arlientinus, Novian, D., & Ashari, S. A. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Google Site Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK Kelas X Di SMAN 6 Gorontalo Utara. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 9(2).

Asih, & Imami, A. I. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa SMP Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4).

Azza, B. D., Ulfah, M., Hayat, M. S., & Rahayu, S. (2023). Analisis Penggunaan Game Edukasi Wordwall Terhadap Minat Belajar SiswaKelas XI Materi Ruminansia. JUSTEK : Jurnal Sains Dan Teknologi, 6(2).

Jauhari, T., Rosyidi, A. H., & Sunarlijah, A. (2023). Pembelajaran Dengan Pendekatan TaRL Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal PTK dan Pendidikan, 9(1).

Luzyawati, L., Hamidah, I., & Febrianti, L. (2020). Implementasi Metode Gallery Walk Terhadap Minat dan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Materi Virus. Jurnal Bio Educatio, 5(2).

Minarti, I. B., Nurwahyunani, A., Anisa, L. N., Widodo, D. K., Kusumaningtyas, R. C., Septiani, F. D., Savitri, S. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Dalam Mengembangkan Berpikir Kritis, Keaktifan, dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(3).

Minarti, I. B., Nurwahyunani, A., Fajriyah, S. A., Sholekhah, S. D., Ardian, V. V., Lestari, S. A., & Handrian, D. (2022). Integrasi Model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Siswa di Indonesia. Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2).

Rachmawati, R. C., & Nurwahyunani, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Keanekaragaman Hewan Berbasis Game - Offline Pada Mahasiswa Calon Guru Pendidikan Biologi Universitas PGRI Semarang. Pancasakti Science Education Journal, 3(1).

Riduwan, & Akdon. (2020). Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta.

Ryando, B. (2025). Penerapan Aplikasi Microsite Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PA & BP Kelas XII Di SMK Bina Karya Insan Kota Tangerang Selatan. Skripsi.

Sakban, M. A., Sumarno, & Sulistyowati, S. (2023). Peningkatan Minat Belajar Biologi Peserta Didik dari Penerapan Model Problem Based Learning Pada Kelas X3 SMA Negeri 9 Semarang. Seminar Nasional PPG UPGRIS.

Saputri, M., Muliadi, A., & Safnowandi. (2022). Profil Minat Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Kelas XI. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 2(3).

Sholehah, S. H., Handayani, D. E., & Prasetyo, S. A. (2018). Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri Karangroto 04 Semarang. Jurnal Mimbar Ilmu, 23(3).

Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yuli, R. R., Utomo, A. P., & Sukoco. (2023). Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) dengan Model PBL Berbantuan Gallery Walk Untuk Meningkatkan Minat Belajar Biologi Siswa Kelas XI MIPA 2 di SMAN 1 Muncar. Education Journal : Journal Education Research and Development .

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Nuraini, N. A., Nurwahyunani, A., Minarti, I. B., & Linawati, I. (2024). Penerapan Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik dengan Bantuan Media Interaktif pada Materi Pemeliharaan Tanaman. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020374. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7336

Issue

Section

Agri Bisnis dan Tanaman

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.