43. Penggunaan Media Cardsort dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif PKN Kelas IV di SD 1 Payaman

Authors

  • Ninda Irwanti
  • Muhammad Prayito
  • Vina Amanati Yuliana

Keywords:

Hasil Belajar, Card Sort, Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji penggunaan media Card Sort untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Card sort adalah teknik pembelajaran yang melibatkan penyortiran kartu menurut kategori atau konsep tertentu. Keefektifan penggunaan media tersebut dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa telah diamati melalui penelitian lapangan di dalam kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV dalam pembelajaran PKn di SD 1 Payaman. Penelitian tindakan ini menggunakan alur penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data untuk penilitian ini yaitu wawancara, angket, observasi, dan studi dokumenter, serta menerapkan variasi pembelajaran. Dari hasil penelitian mulai dari perencanaan hingga perbaikan hingga implementasi dan evaluasi dapat disimpulkan bahwa metode Card Sort dapat memperbaiki tingkat keberhasilan pembelajaran PKn di Kelas IV. Hal ini terbukti sebelum perbaikan nilai ketuntasan hasil siswa hanya 41,18%,  perbaikan siklus I menjadi 64,71% siswa, dan pada siklus II 88,24%, sedangkan pada siklus III 100%.

 

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Irwanti, N. ., Prayito, M. ., & Yuliana, V. A. . (2023). 43. Penggunaan Media Cardsort dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif PKN Kelas IV di SD 1 Payaman. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 383–392. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/3938

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 

You may also start an advanced similarity search for this article.