49. Penerapan Model PBL Berbantuan Media Minibulantas untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas III SD 2 Mijen

Authors

  • Sella Puji Pramesti
  • Muhammad Prayito
  • Qibtiyah

Keywords:

Problem Based Learning (PBL), Media Minibulantas, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran PBL berbantuan media minibulantas. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan pendekatan kualitatif. Adapun model PTK yang dipakai adalah model Kemmis dan Mc Taggart, peneliti melaksanakan penelitian melalui dua siklus yaitu siklus I dan siklus

  1. Dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan, 4) Subjek penelitian berjumlah 24 siswa terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media minibulantas terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD 2 Mijen. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari pra siklus hingga siklus II. Pada pra siklus siswa yang tuntas 13 siswa (54%). Pada siklus I, siswa yang tuntas 15 siswa (63%). Pada siklus II mengalami peningkatan yang cukup signifikan, siswa yang tuntas sebanyak 21 siswa (88%).

 

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Pramesti, S. P. ., Prayito, M. ., & Qibtiyah. (2023). 49. Penerapan Model PBL Berbantuan Media Minibulantas untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas III SD 2 Mijen. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 438–447. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/3944

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 

You may also start an advanced similarity search for this article.