208. Peningkatan Hasil Belajar Pesera Didik Melalui Media Power Point Interaktif pada Pembelajaran Matematika Kelas IV SDN Sendangmulyo 02
Keywords:
Power Point, Hasil Belajar, MatematikaAbstract
Latar belakang penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik pada soal evaluasi yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) hanya 10 anak dari 28 anak. Hal tersebutt disebabkan oleh kurangnya minat peserta didik terhadap pebelajaran yang diberikan oleh guru sehingga menyebabkan hasil belajar peserta didik rendah. Peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran serta belum adanya interaksi yang terjadi antara peserta didik dengan guru, dan dalam mengerjakan soal evaluasi peserta didik kurang bertanggungjawab.Penelitian ini bertujian untuk mengetahui penerapan media pembelajaran powerpoint untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN Sendangmulyo 02. Penelitian ini menggunakan Denelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah peserta didik kelas IV SDN Sendangmulyo 02 tahun ajaran 2022/ 2023 dengan jumlah peserta didik sebanyak 28 anak yang terdiri dari 16 perempuan dan 12 laki-laki. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaittu observasi dan tes. Hasil penelitian ini yaitu pembelajaran dengan menggunakan media powerpoint pada pembelajaran matematika kelas IV SDN Sendangmulyo 02 dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Peningkatan itu ditunjukkan dari hasil rata-rata persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik pada siklus I yaitu 43%, rata-rata persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik pada siklus II yaitu 71%, dan rata-rata persentase hasil belajar peserta didik pada siklus III yaitu 96%. Dapat diketahui terjadinya peningkatan rata-rata persentase ketuntasan pada siklus I ke siklus II yaitu sebesar 28%, dan peningkatan rata-rata persentase ketuntasan pada siklus II ke siklus III yaitu sebesar 25%.