224. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Model Pembelajaran PBL pada Mata Pelajaran IPAS di Kelas IVA SD Negeri Wonolopo 01
Keywords:
Model Pembelajaran, Problem based learning, Hasil Belajar, IPASAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Subjek penelitian ini sebanyak 32 peserta didik kelas IVA SD Negeri Wonolopo 01. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Data yang dikumpulkan melalui observasi dan hasil tes. Teknik analisis data berdasarkan hasil observasi dan hasil belajar peserta didik yang diperoleh dari tes belajar disetiap siklusnya yang dianalisis dengan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pada pembelajaran pra-siklus jumlah nilai keseluruhan satu kelas yaitu 1410 dengan persentase 44,06% sehingga semua nilai peserta didik belum tuntas. Pada pembelajaran siklus 1 jumlah nilai peserta didik satu kelas yaitu 2145 dengan persentase 67,71%, pada siklus ini ketuntasan individu yakni sebanyak 3 peserta didik dengan persentase 10,6% dan yang tidak tuntas sebanyak 29 orang dengan persentase 89,4%. Sedangkan pada siklus 2 jumlah nilai keseluruhan satu kelas sebanyak 2774 dengan persentase 86,68%, pada siklus ini peserta didik yang tuntas sebanyak 29 orang dengan persentase 89,4%. Hal tersebut menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran IPAS di kelas IVA SD Negeri Wonolopo 01 mengalami peningkatan pada hasil belajarnya