Peningkatan Hasil Belajar Materi Perubahan Wujud Benda Dalam Pembelajaran Ipas Melalui Metode Eksperimen Kelas Iv Sdn Pandean Lamper 01 Semarang

Authors

  • Anggi Arum Sabandini Universitas PGRI Semarang
  • Aries Tika Damayani Universitas PGRI Semarang
  • Kanti Kartika Sari SDN Pandeanlamper 01 Semarang

Keywords:

Hasil belajar, IPAS, Metode Eksperimen

Abstract

Hasil belajar IPAS pada materi Perubahan Wujud Benda yang rendah merupakan masalah di kelas IV SDN Pandeanlamper 01 Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan metode eksperimen. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IVA SDN Pandeanlamper 01 Semarang yang berjumlah 27 peserta didik, terdiri dari 14 peserta didik laki-laki dan 13 peserta didik perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus tindakan yaitu Pra-siklus, Siklus I dan Siklus II. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Data observasi dianalisis secara deskriptif kualitatif dan hasil tes dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian peningkatan ketuntasan klasikal kelas IVA SDN Pandeanlamper 01 Semarang terjadi dalam tiga tahap: Pra-siklus, Siklus I, dan Siklus II. Sebelum mendapatkan perlakuan (Pra-siklus), tingkat ketuntasan klasikal hanya mencapai 40,74%. Namun, selama Siklus I, tingkat ketuntasan klasikal meningkat menjadi 62,96%, dan pada Siklus II, mencapai 92,59%. Indikator keberhasilan ketuntasan klasikal yang ditetapkan adalah ≤75%. Hasil ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam ketuntasan klasikal selama penelitian. Dari Pra-siklus hingga Siklus II, siswa-siswa dalam kelas IVA menunjukkan kemajuan yang baik dalam pemahaman materi perubahan wujud benda. Hal ini mengindikasikan bahwa metode eksperimen yang diterapkan telah berhasil dalam meningkatkan tingkat pemahaman siswa hingga melampaui target keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian, penelitian ini berhasil membuktikan efektivitas metode eksperimen dalam meningkatkan ketuntasan klasikal siswa kelas IVA.

References

Adiatma, A. (2018). Efektivitas Metode Eksperimen Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Sifat Benda Bagi Siswa Tunanetra SLB Yaketunis Yogyakarta. Widia Ortodidaktika, 7(7), 773-786. Retrieved from : https://journal.student.uny.ac.id/index.php/plb/article/view/12287

Ali, A. M., & Nur, R. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Metode Eksperimen Kelas VI Sekolah Dasar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(2), 114-121. Retrieved from : https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/article/view/150

Allutfia, F. T., & Setyaningsih, M. (2023). Analisis Kesiapan Guru Dalam Menghadapi Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran IPAS Kelas IV. Academy of Education Journal, 14(2), 326-338. Retrieved from : https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/fkip/article/view/1656

Arikunto, Suharsimi. dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Aqib, Zainal, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya

CNN Indonesia. (2022, Februari). Alasan Nadiem Usung Kurikulum Merdeka. Diambil dari CNN Indonesia website: Retrieved from : https://www.cnnindonesia.com/nasional/20220211230731-20-758273/alasan-nadiem-usung-kurikulum-merdeka

Kaif, S. H., & Fajrianti, F. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar IPA tentang Menguji Lemak pada Makanan melalui Metode Eksperimen Kelas V SDN 57 Buton. Jurnal Elementary: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 6(1), 1-4. Retrieved from : https://journal.ummat.ac.id/index.php/elementary/article/view/11851

Nurhayati, N. (2022). Peningkatan Pemahaman Perubahan Wujud Benda dalam Pembelajaran Sains Melalui Metode Eksperimen. PEDAGOGIKA, 211-228. Retrieved from : https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/pedagogika/article/view/1838

Putri, Y. S., & Arsanti, M. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Sebagai Pemulihan Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung IV, 4(1). Retrieved from : https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/sendiksa/article/view/27269

Rofiq, M. A. (2020). Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skills) untuk Pendidikan Sekolah Dasar (PGSD). Surabaya: CV. Pilar Nusantara. Retrieved from : https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=9AA5EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=Rofiq,+M.+A.+(2020).+Konsep+Dasar+Ilmu+Pengetahuan+Sosial+Berorientasi+HOTS+(Higher+Order++Thinking++Skills)++untuk++Pendidikan++Sekolah++Dasar++(PGSD).++Surabaya:++CV.+Pilar+Nusantara.&ots=5XwaTNJ4N1&sig=tLNv4E_uy5ebnbmgnN0lUpEUGbs&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Septiana, A. N., & Winangun, I. M. A. (2023). ANALISIS KRITIS MATERI IPS DALAM PEMBELAJARAN IPAS KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR. Widyaguna: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 43-54. Retrieved from : https://stahnmpukuturan.ac.id/jurnal/index.php/pgsd/article/view/3479

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Sabandini, A. A. ., Damayani, A. T. ., & Sari, K. K. . (2023). Peningkatan Hasil Belajar Materi Perubahan Wujud Benda Dalam Pembelajaran Ipas Melalui Metode Eksperimen Kelas Iv Sdn Pandean Lamper 01 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1918–1926. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5335

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.