Penerapan Project Based Learning Dengan Penilaian Berbasis Komunikasi Pada Materi Pembiakan Tanaman Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Lisan Siswa
Keywords:
komunikasi lisan, project based learning, pembiakan tanaman, wawancara, presentasiAbstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan komunikasi lisan siswa kelas X ATN 1 SMKN H Moenadi melalui model Project Based Learning (PjBL) dengan penilaian berbasis komunikasi pada materi pembiakan tanaman secara generatif. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam tiga tahap: pra siklus, siklus I, dan siklus II. Pengamatan dilakukan melalui wawancara dan presentasi tanpa membaca teks. Hasil menunjukkan peningkatan keterampilan komunikasi dari 52% (pra siklus) menjadi 87% (siklus II), dengan peningkatan rata-rata sebesar 67%. Seluruh indikator komunikasi melampaui target minimal 70%, dan 91% siswa mencapai kategori Baik atau lebih. Kesimpulannya, penerapan PjBL dengan penilaian komunikasi efektif meningkatkan keterampilan komunikasi lisan siswa.
References
Apriani, P., Fikriyah, & Susilawati. (2024). Penerapan model PjBL untuk meningkatkan kemampuan komunikasi pada mata pelajaran matematika di SD Negeri 3 Patrol Lor. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(5), 3361–3368. https://ulilalbabinstitute.id/index.php/J-CEKI/article/view/4737
Farhani, P. A., Fauzan, & Ridwanudin, D. (2022). Analisis keterampilan berbicara melalui teknik wawancara pada siswa kelas V sekolah dasar. JMIE: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, 6(1), 50–64. https://e-journal.adpgmiindonesia.com/index.php/jmie/article/view/407
Febriyanto, Sumarno, & Dies Hendra WW. (2024). Peningkatan keterampilan komunikasi melalui pembelajaran window shopping berbasis diferensiasi konten dan proses pada materi jaringan. Jurnal Pendidikan Guru Profesional, 2(1), 44–54. https://doi.org/10.26877/jpgp.v2i1.835
Hayat, M. S., Rustaman, N. Y., Rahmat, A., dan Redjeki, S. (2019). Perkembangan Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi Mahasiswa dalam Perkuliahan KeanekaragamanTumbuhan melalui Inkuiri Berorientasi Entrepreneurship.Jurnal Mangifera Edu, 4(1), 19-31. https://doi.org/10.31943/mangiferaedu.v4i1.41
Maulidah, E. (2024). Efektifitas model Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan keterampilan komunikasi dan kolaborasi siswa. JIE: Journal of Islamic Education, 10(2), 263–271. https://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/jie/article/viewFile/8789/pdf
Mauliyawati, A., Budojo, J., & Sudarmin. (2024). Peningkatan kemampuan komunikasi siswa melalui model pembelajaran PjBL-Window Shopping di kelas IX D SMPN 5 Semarang. Jurnal Pendidikan IPA, 12(2), 174–180. https://shorturl.at/joYKm
Nugroho, A. T., Jalmo, T., & Surbakti, A. (2019). Pengaruh model project based learning (PjBL) terhadap kemampuan komunikasi dan berpikir kreatif. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 7(3), 50-58. https://repository.lppm.unila.ac.id/20483/1/17428-39307-1-PB.pdf
Putri, D. D., Patongai, U. S., Pagarra, H., Saparuddin, Sahribulan, & Ngitung, R. (2023). Pelatihan teknik presentasi ilmiah yang efektif bagi mahasiswa Biologi FMIPA UNM. ININNAWA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 94–99. https://shorturl.at/HDPIX
Wahyuni, I. P., Saputra, A., & Harlita. (2019). Penerapan model pembelajaran Project Based Learning untuk meningkatkan keterampilan oral communication peserta didik kelas X MIPA 4 SMA Negeri 5 Surakarta. Proceeding Biology Education Conference, 16(1), 95–100. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/38401
Wulandari, A. S., Suardana, I. N., & Devi, N. L. P. L. (2019). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kreativitas siswa SMP pada pembelajaran IPA. JPPSI: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia, 2(1), 47–58. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPPSI/article/view/17222