Upaya Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik melalui Penerapan Project Based Learning pada Kelas XI ATPH B SMK Negeri 1 Bawen

Authors

  • Muhammad Fajar Rianto Universitas PGRI Semarang
  • Muhammad Syaipul Hayat Universitas PGRI Semarang
  • Rivanna Citraning Rachmawati Universitas PGRI Semarang
  • Susilo Wardani SMK Negeri 1 Bawen

Keywords:

keaktifan peserta didik, project based learning, pembelajaran vokasional

Abstract

Rendahnya keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran menjadi salah satu permasalahan yang dapat memengaruhi ketercapaian tujuan pendidikan, khususnya pada pembelajaran vokasional. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan peserta didik melalui penerapan model Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 36 peserta didik kelas XI ATPH B SMK Negeri 1 Bawen semester genap tahun ajaran 2024/2025. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi keaktifan yang terdiri atas enam indikator, tes akhir sesi, serta rubrik penilaian proyek berupa poster. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan penilaian proyek, sedangkan analisis data dilakukan secara deskriptif-komparatif antar siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan proporsi peserta didik dalam kategori sangat aktif pada sebagian besar indikator, seperti pada indikator memperhatikan penjelasan guru (33% menjadi 80%) dan bertanya atau menjawab pertanyaan (37% menjadi 57%). Adapun rerata tes akhir sesi meningkat dari 93 menjadi 95, sementara nilai poster kelompok stabil dalam kategori baik. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan PjBL dapat meningkatkan keaktifan peserta didik.

References

Anggraini, Putri Dewi & Wulandari, Siti Sri. (2021). Analisis penggunaan model pembelajaran Project Based Learning dalam peningkatan keaktifan siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 9(1), 292-299. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/9902.

Kanza, Nanda Rizky Fitrian, Lesmono, Albertus Djoko, & Widodo, Heny, Mulyo. (2020). Analisis keaktifan belajar siswa menggunakan model Project Based Learning dengan pendekatan STEM pada pembelajaran Fisika materi Elastisitas di kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(2), 71-77. Retrieved from https://jpf.jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/17955.

Lema, Yunita, Nurwahyunani, Atip, Hayat, Muhammad Syaipul, & Rachmawati, Febrina. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi dengan model PjBL materi Bioteknologi untuk mengembangkan ketrampilan kreativitas dan inovasi siswa SMP. Journal of Social Science Research, 3(3), 7229-7243. Retrieved from http://ojs.ejournal.id/index.php/ppm/article/view/74.

Marselus. (2021). Penerapan model pembelajaran Project Based Learning untuk meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa kelas X Multimedia mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital di SMK Negeri 1 Mempawah Hulu. Jurnal Pengabdian Penelitian Inovatif, 1(1), 21-34. Retrieved from https://jurnal-id.com/index.php/jupin/article/view/4.

Mulyadi, Eko. (2015). Penerapan model Project Based Learning untuk meningkatkan kinerja dan prestasi belajar Fisika siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22(4), 385-395. Retrieved from https://www.neliti.com/publications/163845/penerapan-model-project-based-learning-untuk-meningkatan-kinerja-dan-prestasi-be.

Mulyana, Eldi. (2014). Model pembelajaran generatif sebagai upaya meningkatkan pemahaman konsep IPS pada peserta didik. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, 23(2), 26-33. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/jpis/article/view/1617.

Puspitasari, Erica Fifi, Sukmawati, Neli, & Fatimah, Siti. (2023). Meningkatkan keaktifan belajar peserta didik pada pembelajaran ekonomi melalui model PjBL di SMAN 13 Palembang. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 7(1), 51-60. Retrieved from https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/neraca/article/view/11893.

Rachmawati, Ika Nayla. (2017). Model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) disertai analisis kejadian fisika dalam pembelajaran fisika di SMA. Universitas Jember, Jember, Indonesia.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Rianto, M. F., Hayat, M. S., Rachmawati, R. C., & Wardani, S. (2024). Upaya Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik melalui Penerapan Project Based Learning pada Kelas XI ATPH B SMK Negeri 1 Bawen. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020367. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7331

Issue

Section

Agri Bisnis dan Tanaman

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.