Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik Kelas 3 SD pada Pembelajaran IPAS Melalui Model PBL

Authors

  • Nia Listiani UPGRIS
  • Qoriati Mushafanah Universitas PGRI Semarang
  • Arfilia Wijayanti
  • Arum Asmawati

Keywords:

Literasi, Numerasi, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi membaca dan numerasi matematika peserta didik kelas III SDN Tambakrejo 01 Semarang. Berdasarkan hasil pra siklus, diketahui bahwa kemampuan literasi membaca dan numerasi matematika peserta didik kelas III SDN Tambakrejo 01 masih rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, upaya yang dilakukan peneliti adalah dengan menerapkan model PBL. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil tes kemampuan literasi membaca menunjukkan bahwa, nilai rata-rata siklus I adalah 71,48 dengan persentase ketuntasan 52%. Pada siklus II, diperoleh nilai rata-rata sebesar 86,11 dengan persentase ketuntasan sebesar 78%. Pada siklus III, nilai rata-rata yang diperoleh adalah 89,63 dengan persentase ketuntasan 85%. Sedangkan pada aspek numerasi matematika,  hasil analisis data menunjukkan bahwa pada siklus I, nilai rata-rata yang diperoleh adalah 59,26 dengan persentase ketuntasan 44%. Pada siklus II, rata-rata nilai yang diperoleh adalah 75,93 dengan persentase ketuntasan 63%. Pada siklus III, nilai rata-rata yang diperoleh adalah 80,56 dengan persentase ketuntasan 74%.  Karena terjadi kenaikan nilai tes kemampuan literasi membaca dan numerasi matematika di setiap siklusnya, maka dapat disimpulkan bahwa model PBL dapat meningkatkan kemampuan literasi membaca dan numerasi matematika peserta didik kelas III SDN Tambakrejo 01 Semarang.

References

Analisis Kesulitan Penerapan Problem-Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran IPAS Kelas 3 di SDN 3 Randurejo. (2025). Nawasena : Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 1(01), 23-29. https://educationalresearchjournal.com/index.php/njmste/article/view/4

Anggaraeni, D., M., Binar, K., & Suprapto, N. (2023). Systematic Review of Problem Based Learning Research in Fostering Critical Thinking Skills. ResearchGate, 49(3), 101334. https://www.researchgate.net/publication/371150218_Systematic_Review_of_Problem_Based_Learning_Research_in_Fostering_Critical_Thinking_Skills

Azizah, A., D., N., & Tuturmartaningsih, S., (2024). UPAYA MENINGKATKAN LITERASI NUMERASI MATEMATIKA KELAS 2 SD DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI SD MUHAMMADIYAH KLECO 2. JURNAL SILIWANGI Seri Pendidikan, 10(1), 28-35. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/JSSP/article/view/11186

Bariyah, A., Jannah, M., & Ruwaida, H. (2023). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 572–582. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4604

Gunartha, I., W., Widiasri, D., A., & Suarsa, I., N. (2024). IMPLEMENTASI PRINSIP UNDERSTANDING BY DESIGN (UBD) DALAM PERENCANAAN PEMBELAJARAN DAN ASESMEN: Upaya Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa di Era Global. PEDALITRA IV : Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 4(1), 9-18. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/pedalitra/article/download/4159/2715/15216#:~:text=UbD%20adalah%20kerangka%20kerja%20pembelajaran,dan%20menentukan%20kegiatan%20belajar%20mengajar.

Hasanah, R., Anam, F., & Suharti, S. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII B SMPN 13 SURABAYA. JMER : Journal of Mathematics Education Research, 2(1), 1-7. https://journalng.uwks.ac.id/jmer/article/view/87/58

Hidayah, N. I. A., Rahmawati, F. P., & Triyono, A. (2024). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Teams Game Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca Peserta didik Kelas IV. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 5(4), 450–457. https://doi.org/10.54371/ainj.v5i4.622

Iasha, V., Zulfah, M., Amelia, M., Dari, Y., W., Ayu, D., S., Halimatussadiah, Jamilah, S., Mahendra, D., A., Salsabila, N., E., & Setiawan, B. (2024). Pentingnya Literasi Numerasi sebagai Fondasi Pendidikan Sekolah Dasar untuk Membangun Kecerdasan dan Kemandirian Peserta didik di Masa Depan. Arji : Action Research Journal Indonesia, 6(1), 581-600. https://journal.nahnuinisiatif.com/index.php/ARJI/article/view/279/227

Kalsum, Ummu., & Sulastri, S. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK PADA KELAS 5 SDN 027 TAKATIDUNG. Journal of Physics and Science Learning, 7(1), 2614-0950. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/PASCAL/article/view/7262/5398

Khotima, E., S., Sholikhah, O., H., & Djaswati (2023). UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI BACA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR DENGAN MODEL PBL BERBANTUAN KOMIK. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 5915-5927. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/8808/3578

Kosim Abdullah, E., & Muhamad Zaenal, R. (2023). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL). JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah Universitas Muhammadiyah Kuningan, 9(2), 128-138. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v9i2.3454

Lestari, F. D., Ibrahim, M., Ghufron, S., & Mariati, P. (2021). Pengaruh Budaya Literasi terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5087–5099. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1436

Putri, R., W., W., Setiana, H., & Savitri, E., N. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Peserta didik Melalui Model Problem Based Learning di SMP Negeri 20 Semarang. Seminar Nasional IPA XIII, 157-164. https://proceeding.unnes.ac.id/snipa/article/view/2299/1782

Rahayu, D., A., Hadi, F., R., & Warsini (2023). PENINGKATAN KETERAMPILAN LITERASI DAN NUMERASI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GAME BASED LEARNING. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 5603-5616. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/9420/4300

Rahmatika, I., Irianingrum, I., Y., & Wiyanto. (2024). Peningkatan Literasi Membaca melalui Penerapan Discovery Learning pada Pembelajaran IPA Kelas IX-FSMP Negeri 18 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Penelitian Tindakan Kelas, 762-768. https://proceeding.unnes.ac.id/snpptk/article/view/3204/2669

Wahyuni, D., & Septiati, E., & Octaria, D. (2024). Pengaruh Model PBL(Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik SMP Melalui Soal Cerita. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 1579-1589 https://www.j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/2721/1196

Downloads

Published

2025-06-27

How to Cite

Listiani, N., Mushafanah , Q., Wijayanti, A., & Asmawati, A. (2025). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik Kelas 3 SD pada Pembelajaran IPAS Melalui Model PBL. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 250301099. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7350

Issue

Section

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.