Meningkatan Motivasi Belajar Siswa Dengan Pendekatan Tarl Melalui Media S.Id Pada Teks Biografi Kelas X8 SMAN 8 Semarang

Authors

  • Nur Putri Anggraeni Universitas PGRI Semarang
  • Mukhlis Universitas PGRI Semarang
  • Agus Wismanto Universitas PGRI Semarang
  • Setia Naka Andrian Universitas PGRI Semarang
  • Harnanik Caturwuri SMAN 8 Semarang

Keywords:

motivasi belajar, TARL, S.ID, teks biografi, PTK

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran teks biografi melalui penerapan pendekatan TARL (Teaching, Application, Reflection, and Learning) yang dipadukan dengan penggunaan media digital S.ID di kelas X SMAN 8 Semarang. Masalah yang dihadapi adalah rendahnya motivasi siswa dalam memahami dan menulis teks biografi secara aktif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi, angket motivasi belajar, dan dokumentasi hasil kerja siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam motivasi belajar siswa setelah diterapkannya pendekatan TARL dan media S.ID. Peningkatan ini terlihat dari keterlibatan aktif siswa dalam diskusi, peningkatan skor angket motivasi, serta kualitas teks biografi yang dihasilkan. Dengan demikian, pendekatan TARL melalui media S.ID efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran teks biografi.

Author Biographies

Mukhlis, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas PGRI Semarang.

Setia Naka Andrian, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas PGRI Semarang.

Harnanik Caturwuri, SMAN 8 Semarang

Guru Bahasa Indonesia, SMAN 8 Semarang

References

Azzahra, I. S. S., & Kartiwi, Y. M. (2024). Edukasi microsite interaktif S.ID dalam lembar kerja peserta didik bermuatan Profil Pelajar Pancasila untuk meningkatkan minat siswa memproduksi teks biografi. Transformasi: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(2), 159–173.

Banerjee, A., Banerji, R., Duflo, E., Glennerster, R., & Khemani, S. (2016). Mainstreaming an Effective Intervention: Evidence from Randomized Evaluations of “Teaching at the Right Level” in India. NBER Working Paper No. 22746.

Kurniawati, L., & Indriani, L. (2023). Microsite s.id sebagai media inovatif dalam pengembangan bahan ajar Pendidikan Pancasila dengan model ADDIE. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran, 5(2), 135–145. https://doi.org/10.31227/osf.io/sidmedia-pancasila

Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Supriyadi, T., & Rahmawati, D. (2021). Penerapan Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Kemampuan Awal Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan, 9(3), 211–220.

Syaiful, B. (2022). Pengaruh Media Interaktif Terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 10(1), 45–52.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Anggraeni, N. P., Mukhlis, Wismanto, A., Andrian, S. N., & Caturwuri, H. (2024). Meningkatan Motivasi Belajar Siswa Dengan Pendekatan Tarl Melalui Media S.Id Pada Teks Biografi Kelas X8 SMAN 8 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 2503010133. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7371

Issue

Section

Pendidikan Bahasa Indonesia

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.