Meningkatkan Keaktifan siswa melalui model Project Based Learning (PjBL) dengan Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) pada materi menulis Biografi kelas X-10 SMA Negeri 8 Semarang
Keywords:
keaktifan siswa, Biografi, pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL), Project-Based Learning (PjBL)Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan siswa saat pembelajaran berlangsung, khususnya dalam materi menulis biografi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan melibatkan 35 siswa kelas X-10 SMA Negeri 8 Semarang. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dari siklus pertama ke siklus kedua. Pada siklus pertama, sebagian siswa masih menunjukkan partisipasi yang rendah, namun setelah dilakukan perbaikan tindakan pada siklus kedua, terlihat peningkatan yang signifikan dalam hal diskusi kelompok, tanggung jawab terhadap tugas proyek, serta antusiasme dalam menyampaikan hasil kerja. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) secara efektif dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran.
References
Rukhmana, Trisna, ‘Jurnal Edu Research Indonesian Institute For Corporate Learning And Studies (IICLS) Page 25’, Jurnal Edu Research : Indonesian Institute For Corporate Learning And Studies (IICLS), 2.2 (2021), pp. 28–33
Ahyar, A., Nurhidayah, N., & Saputra, A. (2022). Implementasi Model Pembelajaran TaRL dalam Meningkatan Kemampuan Literasi Dasar Membaca Peserta Didik di Sekolah Dasar Kelas Awal. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 5241–5246. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1242
Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2020). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292–299. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p292-299
Hasbullah. (2006). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. PT RajaGrafindo Persada.
Hilmi, I., & Nurhayati, F. (2024). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Pelajaran Bahasa Arab. JSIM: Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 5(1), 870–874.
Meita, L., Furi, I., Handayani, S., & Maharani, S. (2018). Eksperimen Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Project Based Learning Terintegrasi Stem Untuk Mengingkatkan Hasil Belajar Dan Kreativitas Siswa Pada Kompetensi Dasar Teknologi Pengolahan Susu. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 49-60–60. https://doi.org/10.15294/jpp.v35i1.13886
Mustika Rahmayanti, S., Rahmantika Hadi, F., & Suryanti, L. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL MENGGUNAKAN PENDEKATAN TaRL. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 4545–4557. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7914
Nurhadiyati, A., Rusdinal, R., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 327–333. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.684
Wikanta, W., & Gayatri, Y. (2017). Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Menanamkan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 23(2), 171–175