32. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Pembelajaran Tematik Tema 9 di SDN Sawah Besar 01 Semarang

Authors

  • Linda Rohmawati
  • Fenny Roshayanti
  • Sri Suneki
  • Nani Kurnia

Keywords:

Problem Based Learning, Hasil Belajar, Keaktifan Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Siswa Kelas VB di SDN Sawah Besar 01 Semarang. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan 3 siklus. Subjek penelitian ini siswa kelas VB SDN Sawah Besar 01 Semarang yang berjumlah 29 siswa. Instrumennya menggunakan lembar observasi. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keaktifan hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada pelaksanaan siklus I Keaktifan belajar Pra Siklus yaitu sebesar 53%, siklus I yaitu sebesar 59% dilanjutkan dengan siklus II sebesar 79% dan dilanjutkan dengan siklus III sebesar 82%. Selain itu hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan mulai dari Siklus I banyaknya siswa yang tuntas yaitu 69% dengan nilai rata-rata 72, siklus II yang tuntas sebanyak 79% dengan nilai rata-rat 74,2 dan mengalami peningkatan lagi pada siklus ke III yaitu 86% dengan nilai rata-rata 75,3 Keaktifan hasil belajar meningkat karena melalui pembelajaran Problem Based Learning.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Rohmawati, L. ., Roshayanti, F. ., Suneki, S. ., & Kurnia, N. . (2023). 32. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Pembelajaran Tematik Tema 9 di SDN Sawah Besar 01 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 264–273. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/3908

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>