Peningkatan Hasil Belajar IPAS melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantu Media Nyata Siswa Kelas IVb Sd Negeri Bendungan
Keywords:
Hasil Belajar, IPAS, Problem Based LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV melalui model pembelajaran problem Based Learning berbantu dengan media nyata di SD Negeri Bendungan. Model dalam penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui dua siklus dengan model Kemmis dan Taggart. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menyelesaikan soal IPAS peserta didik melalui Problem Based Learning (PBL) dengan berbantu media nyata mengalami peningkatan. Melalui model pembelajaran berbasis masalah kemampuan peserta didik meningkat dalam menyelesaikan soal IPAS dengan indikator memahami soal, membuat perencanaan, melaksanakan rencana, serta membuat kesimpulan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata persentase skor indikator dalam kemampuan menyelesaikan soal IPAS sebesar 56% pada siklus I menjadi 84% pada siklus II.
References
Anita Sri W. (2007. Strategi Pembelajaran di SD, Jakarta:Universitas Terbuka.
Arikunto. (2006). Metode Dokumentasi, Jakarta:Bina Aksara.
Bahri, Syaiful djamarah (2000).Kegunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Elizar.(1996). Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Dimyati dan Mujiono. (2000). Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta
Hamalik, Oemar. (1990). Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara
Mujiono.(2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Nasution Noehi. (2007). Pendidikan IPA di SD, Jakarta: Universitas Terbuka.
Nawawi.(1981). Hasil Belajar Siswa. Bandung: Pustaka Martina.
Purwanto.(1985). Metode Observasi. Jakarta: Angkasa Jaya.
Sukardi.(1983). Pedoman Penilaian. Jakarta: Rineka Cipta.
Sutarno Nono dkk.(2007). Metode dan Pembelajaran IPA SD, Jakarta: Universitas Terbuka.
Usman, Basyirudin. (2002). Metode Demonstrasi dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Wardani I.H.A.K.(2007). Penelitian Tindakna Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.