Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila melalui Model Problem Based Learning di Kelas I SDN Tambakrejo 01 Semarang
Keywords:
literasi, numerasi, problem based learningAbstract
Kemampuan literasi dan numerasi merupakan kemampuan kunci yang harus dikuasai oleh peserta didik agar memperoleh ilmu pengetahuan yang lain. Namun hasil PISA menunjukkan bahwa literasi dan numerasi Indonesia masih tergolong rendah. Model pembelajaran Problem Based Learning dapat dijadikan solusi untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi membaca dan literasi numerasi peserta didik kelas I SDN Tambakrejo 01 pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dengan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilakukan sebanyak 3 siklus. Hasil penelitian peningkatan kemampuan literasi yaitu siklus I mendapatkan 70, 43%, siklus II rata-rata yang diperoleh 73%, dan siklus III menjadi 79,13%. Rata-rata tersebut dari siklus I hingga siklus III dapat dikategorikan tinggi. Sedangkan hasil penelitian peningkatan kemampuan numerasi yaitu Siklus I, rata-rata yang didapatkan yaitu 69,5% dengan kategori tinggi, siklus II diperoleh 82,6% dengan kategori sangat tinggi, dan siklus III memperoleh rata-rata 84,7%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik kelas 1B SDN Tambakrejo 01.
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.
Fitriah, L., Gaol, M. E. L., Cahyanti, N. R., Yamalia, N., Maharani, N., Iriani, I. T., & Surayanah, S. (2024). Pembelajaran Berbasis Pendekatan Culturally Responsive Teaching Di Sekolah Dasar. JoLLA Journal of Language Literature and Arts, 4(6), 643–650. https://doi.org/10.17977/um064v4i62024p643-650
Haliz, V. N., & Nanggala, A. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran pada Gerakan Literasi pada Anak Sekolah Dasar Kelas Rendah di SDN 258 Sukarela. Innovative: Journal Of Social Science …, 3, 3857–3868. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/769%0Ahttp://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/download/769/608
Indonesia, R. P., & Isi, D. (2024). Kota Semarang Apa itu Rapor Pendidikan ? 1–25.
Khoirunnisa, S., & Adirakasiwi, A. G. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Smp Pada Era Merdeka Belajar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(3), 925–936. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i3.17393
Masliah, L., Nirmala, S. D., & Sugilar, S. (2023). Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) terhadap Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4106
Navida, I., Rasiman, Prasetyowati, D., & Nuriafuri, R. (2023). Kemampuan Literasi Membaca Peserta Didik Pada Muatan Bahasa Indonesia Kelas 3 di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1034–1039. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4901
Nengsih, A. A., Agusdianita, N., & Oktariya, B. (2024). Analisis Kesulitan Guru Kelas dalam Menerapkan 5 Unsur KSE (Kompetensi Sosial Emosional) pada Saat Proses Pembelajaran di Kelas VI SDN 20 Kota Bengkulu. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 7(3), 273–282. https://doi.org/10.20961/shes.v7i3.91559
OECD. (2024). Pisa 2022. In Perfiles Educativos (Vol. 46, Issue 183). https://doi.org/10.22201/iisue.24486167e.2024.183.61714
Presiden Republik Indonesia. (2021). Peraturan Pemerintah Nomor 57 tahun 2021: Standar Nasional Pendidikan. Dokumen Pemerintah
Pusat Asesmen Pendidikan. (n.d.). Asesmen Kompetensi Minimum. Retrieved March 10, 2024, from https://pusmendik.kemdikbud.go.id/an/page/asesmen_kompetensi_minimum
Putri, S. R., & Ahmadi, F. (2023). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Literasi Digital, Minat Baca dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 7(3), 446–455. https://doi.org/10.23887/jear.v7i3.66997
Riduwan. (2012). Dasar-dasar Statistika. Alfabeta.
Rusmono, & Al Ghozali, M. I. (2019). Jurnal Teknologi Pendidikan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(3), 269–282.
Saputra, N., & Zanthy, L. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Syamsinar. (2024). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)-4C. CV Ruang Tentor.
Vebrianto, R., Susanti, R., & Annisa. (2021). Pembelajaran yang Efektif di SD/MI. CV Dotplus Publisher.
Warsini. (2024). Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Sejarah. CV Ruang Tentor.