10. Peningkatan Keaktifan Belajar Melalui Model Problem Based Learning Berbantu Kuis Interaktif Pada Tema 7 Siswa Kelas II SDN 1 Bugo
Keywords:
Keaktifan Belajar, Model Problem Based Learning, Kuis InteraktifAbstract
Keaktifan belajar yang menjadi salah satu indikator keberhasilan belajar dalam suatu kelas. Pembelajaran di SDN I Bugo menunjukkan rendahnya keaktifan belajar peserta didik. Aktivitas siswa yang lebih banyak mendengarkan dan proses pembelajaran masih bersifat teacher centered yang kurang memberi ruang terhadap peserta didik untuk mengolah pemikirannya secara aktif dan mandiri menimbulkan rasa jenuh sehingga siswa melakukan aktivitas lain diluar apa yang sedang dipelajari membuat suasana kelas semakin tidak kondusif. Sehingga penelitian ini memiliki tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik melalui model problem based learning berbantu kuis interkatif pada tema 7 SDN 1 Bugo. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas II SDN I Bugo dengan jumlah 28 anak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tehnik analisis data yang digunakan deskriptif analitis kuantitatif dan kualitatif. Tahapan penelitian tindakan kelas 4 tahapan diantaranya (1)Perencanaan (2)Tindakan (3)Pengamatan (4)Refleksi. Hasil dari tindakan Peningkatan tersebut ditunjukkan berdasarkan data hasil observasi dari total siswa 28 menunjukkan peningkatan pra siklus (55,82%), siklus I (61,35%), siklus II (66%), siklus III (70,14%). Hasil tersebut didukung dengan peningkatan hasil belajar pada pra siklus rata-rata klasikal (63,9%), siklus I (72,1%), siklus II (78,5%), siklus III (84,2%). Pada aktifitas belajar meningkat 15% dan hasil belajar 20%. Berdasarkan dat tersebut disimpulkan bahwa model problem based learning berbantu media interaktif dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas II SDN I Bugo.