72. Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Model Problem Base Learning Berbantuan Media Powerpoint Interaktif Pada Peserta Didik Kelas IV SD N 2 Purwosari

Authors

  • Dedy Ikhza Hafidz Universitas PGRI Semarang
  • Mudzanatun Universitas PGRI Semarang
  • Hanifah SDN 2 Purwosari
  • Ima Nisa Asri Yanti SDN 2 Purwosari

Keywords:

Model Pembelajaran PBL, PPT Interaktif, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia dengan model Problem Based Learning berbantuan media powerpoint interaktif dapat meningkatkan hasil beajar kognitif siswa kelas 4 SDN 2 Purwosari. Penelitian melakukan di kelas IV SDN 2 Purwosari dengan jumlah 30 siswa. Menggunakan Jenis penelitian tindakan kelas (PTK) secara kolaboratif. Penelitian tindakan kelas terdiri dari pra siklus, siklus I, siklus II, siklus III, dan siklus IV. Pada Tahapan setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan dari soal evaluasi yang dikerjakan siswa, sebanyak 43,33%, dinyatakan tuntas KKM pada pembelajaran pra siklus, kemudian pada siklus I ketuntasan meningkat menjadi pada siklus I dengan jumlah ketercapaian 46,67%, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 53,33%,npada siklus III mengalami peningkatan yang cukup signifikan menjadi 76,67% kemudian meningkat menjadi 83,33% pada siklus IV dengan kategori sangat baik dan memenuhi kriteria ketuntasan. Capaian rata-rata hasil belajar peseta didik pada pra siklus mencapai 69,50 pada siklus I meningkat menjadi 72,17, pada siklus II sedikit meningkat menjadi 74,83 kemudian meningkat cukup signifikan menjadi 77,33 pada siklus III dan meningkat signifikan pada siklus IV menjadi 81,79. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantu media powerpoint interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi menemukan ide pokok dalam teks narasi kelas IV semester II SDN 2 Purwosari.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Hafidz, D. I., Mudzanatun, Hanifah, & Yanti, I. N. A. (2023). 72. Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Model Problem Base Learning Berbantuan Media Powerpoint Interaktif Pada Peserta Didik Kelas IV SD N 2 Purwosari. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 650–658. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4011

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.